Jadwal F1 2020 Terbaru: GP Belanda-Spanyol Ditunda, GP Monaco Batal

Oleh: Beni Jo - 20 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal F1 2020 terus mengalami perubahan terkait pandemi corona COVID-19. Terakhir, Grand Prix Belanda dan Spanyol ditunda, sedangkan GP Monaco batal.
tirto.id - Dua seri F1 2020, yaitu Grand Prix Belanda dan Grand Prix Spanyol ditunda terkait pandemi virus corona atau COVID-19 yang melanda Eropa. Sementara GP Monaco tidak hanya mengalami penundaan, tetapi dinyatakan batal alias tidak digelar untuk musim 2020 ini.

"Formula 1, FIA, dan ketiga promotor ajang telah mengambil keputusan ini untuk memastikan kesehatan dan keselamatan para staff, peserta gelaran, dan fans, yang tetap menjadi perhatian utama kami," keterangan dalam laman resmi Formula 1 Kamis (19/3/2020).

Dengan penundaan ini, Grand Prix Belanda dan Grand Prix Spanyol menyusul 3 GP lain yang jadwal penyelenggaraannya digeser oleh pihak Formula 1 dan FIA. 3 Grand Prix Formula 1 tersebut semuanya diputar di Asia yakni GP Cina, Bahrain, dan Vietnam.

Sesuai rencana awal, GP Belanda seharusnya dihelat pada 1 hingga 3 Mei 2020 bertempat di Sirkuit Zandvoort. Grand Prix ini kemudian diikuti oleh GP Spanyol. Yakni pada 8-9 Mei 2020 di Sirkuit Catalunya.

Dua seri ini sebenarnya bakal menjadi ajang pembuka untuk F1 di Eropa setelah perubahan jadwal akibat pandemi COVID-19. Apalagi GP Belanda sudah lama absen menggelar ajang adu balap jet darat. Terakhir kali Grand Prix Belanda terlibat di ajang Formula 1 terjadi pada 1985 dengan pemenang Niki Lauda (McLaren-TAG).

Sementara itu, GP Spanyol selalu menjadi bagian setiap musim Formula 1 sejak 1986. Total, sudah 60 kali balapan F1 digelar di grand prix ini. Sejak musim 2017 lalu, atau dalam tiga tahun beruntun, pemenang GP Spanyol selalu Lewis Hamilton (Mercedes).



GP Monaco yang dijadwalkan pada 21-24 Mei atau tepat setelah GP Spanyol, tidak hanya mengalami penundaan, tetapi pembaltalan. The Automobile Club de Monaco sebagai panitia lokal menyebutkan, mereka perlu membatalkan ajang ini untuk kalender F1 2020 melihat situasi yang tidak memungkinkan.

"Sebagai hasil dan mempertimbangkan situasi krisis ini di seluruh dunia, Dewan Direksi Automobile Club de Monaco telah mengambil keputusan untuk membatalkan Grand Prix de Monaco Historique ke-12 dan Grand Prix Formula 1 Monaco yang ke-78," bunyi pernyataan resmi The ACM, dilansir Motorsport.com.

GP Monaco adalah grand prix kedua di F1 2020 yang dibatalkan sepenuhnya. Sebelum ini, seri pembukaan Formula 1 tahun ini, GP Australia lalu yang hendak dihelat pada 12-15 Maret 2020, resmi dibatalkan hanya sehari sebelum latihan bebas pertama.

Secara rinci, tercatat 5 grand prix F1 2020 ditunda, dan 2 balapan dibatalkan. Dengan demikian, kemungkinan Formula 1 musim ini akan dimulai di GP Azerbaijan, yang menurut rencana berlangsung pada 5-7 Juni 2020 mendatang di Baku City Circuit, Baku.

Baca juga artikel terkait F1 2020 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight