Cara Scan Dokumen Persyaratan CPNS 2019 Format PDF Pakai Android

Oleh: Ibnu Azis - 19 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Cara scan dokumen jadi format PDF menggunakan aplikasi Android sesuai persyaratan CPNS 2019.
tirto.id - PDF jadi format scan dokumen selain JPG/JPEG yang disyaratkan dalam penerimaan CPNS 2019. Pelamar mengunggah berkas itu pada tahapan pendaftaran yang telah dibuka sejak 11 November lalu melalui portal SSCASN BKN.

Sebagaimana dijelaskan BKN melalui laman FAQ di situs web SSCASN, format PDF diperuntukkan untuk scan dokumen surat lamaran, ijazah + Serdik/STR, transkip nilai, dan dokumen pendukung lainnya.

Artinya, dokumen-dokumen persyaratan CPNS 2019 ialah bukan file orisinal melainkan hasil pemindaian atau setelah di-scan.

Untuk memindai berkas-berkas dokumen persyaratan CPNS format PDF sebenarnya bisa dilakukan menggunakan aplikasi Android, tak harus memakai alat scanner, misalnya yang tersemat pada mesin printer.

Salah satu aplikasi Android yang direkomendasikan ialah CamScanner lantaran mudah digunakan, memiliki antarmuka sederhana, dan menerima rating rata-rata 4,7 bintang dari 2,1 juta pengguna.

"Kelebihan dari aplikasi ini dibanding aplikasi sejenis adalah banyak jenis dokumen yang bisa di-scan (misal dokumen, id card, buku) menariknya aplikasi ini bisa mengenali jari dan otomatis menghapusnya dari hasil scan, hasil scan terang tidak banyak iklan," tulis Rizka Firdaus, salah satu pengulas aplikasi CamScanner pada 14 November 2019 di kolom ulasan.


Berikut cara menggunakan aplikasi CamScanner untuk scan dokumen persyaratan CPNS 2019 format PDF:

  1. Download aplikasi CamScanner di Play Store melalui tautan ini
  2. Instal aplikasi itu kemudian buka
  3. Saat pertama kali membuka, CamScanner akan meminta izin untuk mengakses file di ponsel dan aplikasi kamera. Izinkan akses itu dengan ketuk Allow di layar ponsel
  4. Berikutnya, CamScanner memberikan opsi Register dan Skip. Pilih skip bila tak ingin mendaftar
  5. Siapkan dokumen yang ingin di-scan, misalnya diletakkan di atas meja
  6. Ketuk ikon kamera yang terletak di pojok kanan bawah aplikasi CamScanner
  7. Sorot dokumen itu secara utuh dari atas hingga bawah atau seluruh dokumen bisa tertampil di layar aplikasi CamScanner. Ketuk ikon kamera untuk memulai memindai dokumen
  8. Berikutnya, dokumen hasil pemindaian bisa diputar ke kiri atau kanan dan disesuaikan ukurannya apabila tidak pas. Ketuk Next bila tak ada yang perludisesuaikan
  9. Berikutnya, pilih mode warna atau filter yang tersedia. Ada pula opsi hitam putih maupun orisinal. Ketuk Save untuk melanjutkan
  10. Selanjutnya, ketuk ikok Share di pojok kanan atas untuk menyimpan
  11. Berikutnya, ketuk ikon PDF untuk melanjutkan lalu tap tombol Share untuk menyimpannya di ponsel atau membagikan dokumen ke WhatsApp, media sosial, layanan cloud, dan lainnya

Aplikasi CamScanner memiliki kekurangan yakni tersemat watermark di hasil pemindaian. Untuk menghilangkan tanda air itu diperlukan akses ke premium dengan biaya berlangganan 3,99 dolar AS per pekan, 4,99 dolar AS per bulan, atau 4,16 dolar AS per bulan untuk periode berlangganan selama setahun.

Mengenai benefit akses premium beragam, mulai e-signature, OCR, cloud space, konversi image ke Excel, resolusi HD, dan masih masih banyak lagi. Meski begitu, tanpa akses premium aplikasi CamScanner tetap bisa dipakai normal sebagaimana mestinya.


Baca juga artikel terkait CPNS 2019 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight