Cara Kompres PDF Hingga 300 Kb Online Syarat Dokumen CPNS 2019

Oleh: Ibnu Azis - 18 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Cara kompres file PDF scan surat lamaran, scan ijazah + Serdik/STR, scan transkrip, dan scan dokumen jadi 800 Kb hingga 300 Kb untuk syarat dokumen CPNS 2019.
tirto.id - Cara kompres atau mengecilkan ukuran file PDF dapat dilakukan secara online atau tanpa memerlukan perangkat lunak editing dokumen tambahan.

Sebagaimana imbauan dari BKN, file PDF sebelum diunggah pelamar ke SSCASN sebagai salah satu syarat dokumen CPNS 2019 memiliki batasan ukuran maksimal.

Dokumen file PDF tersebut berukuran antara 300 Kb sampai dengan 800 Kb.

Untuk file dokumen PDF seperti dijelaskan BKN di laman FAQ di situs web SSCN terdiri dari empat dokumen hasil pemindaian atau scan.

Dokumen-dokumen itu antara lain scan surat lamaran berukuran maksimal 300 Kb, scan ijazah + Serdik/STR berukuran maksimal 800 Kb, scan transkrip nilai berukuran maksimal 500 Kb, dan scan dokumen pendukung lainnya berukuran maksimal 800 Kb.

Patut digarisbawahi, apabila dokumen melebihi batasan ukuran yang ditetapkan akan secara otomatis ditolak oleh sistem saat diungah.


Berikut cara kompres file PDF jadi 800 Kb hingga 300 Kb sesuai persyaratan scan dokumen CPNS 2019 menggunakan tool online bernama Small PDF:

  1. Kunjungi situs web Small PDF di tautan ini
  2. Di landing page situs web Small PDF pilih menu Compress PDF
  3. Di laman berikutnya, pilih file PDF yang ingin dikecilkan ukurannya dari folder komputer dengan memilih menu Choose File atau dengan drag and drop (seret dan letakkan) file ke kotak yang tersedia
  4. Tunggu sejenak hingga proses kompres selesai setelah memilih file
  5. Berikutnya, ada dua opsi yang bisa dipilih, yakni Basic Compression yang dapat mengecilkan ukuran file PDF hingga 40 persen dan Strong Compression dengan kemampuan kompres hingga 75 persen, pilih salah satu
  6. Sebagai informasi, Strong Compression tak gratis, akan tetapi ada opsi untuk mencoba gratis selama 14 hari dengan syarat mendaftar
  7. Namun, bila Basic Compression sudah mencukupi syarat ukuran maksimal file PDF (300 Kb hingga 800 Kb) maka tak perlu memilih opsi Strong Compression
  8. Bila sudah memilih antara Basic Compression atau Strong Compression maka klik CHOOSE OPTION
  9. Tunggu sejenak hingga proses penyimpanan selesai
  10. Di laman berikutnya ditampilkan informasi kapasitas file PDF setelah proses kompres. Klik tombol Download untuk mengunduhnya
  11. Selesai

Pemerintah melalui BKN telah membuka pendaftaran CPNS 2019 sejak tanggal 11 November 2019 secara daring melalui portal SSCASN.

Selain file PDF, file JPG/JPEG juga punya batasan maksimal terkait ukuran, yakni 200 Kb untuk scan pas foto, scan swafoto, dan scan KTP.

File JPG/JPEG itu juga harus disesuaikan ukurannya agar tak ditolak secara otomatis oleh sistem saat akan diunggah ke portal SSCASN BKN.


Baca juga artikel terkait CPNS 2019 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight