Cara Mengajukan Gadai Online Lewat Aplikasi Pegadaian

Oleh: Yonada Nancy - 13 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Selain menawarkan gadai online, aplikasi Pegadaian juga memberikan layanan tabungan emas, hingga pembayaran tagihan seperti PLN, PDAM, Telkom, dan BPJS.
tirto.id - Seiring dengan peluncuran aplikasinya di 2018 lalu, Pegadaian kini menawarkan layanan gadai online untuk para nasabahnya.

Layanan ini bisa didapatkan melalui aplikasi Pegadaian. Dengan adanya layanan gadai online ini, Pegadaian mengklaim dapat memberikan pelayanan yang lebih cepat dan praktis bagi para nasabahnya.

Layanan gadai online memang memungkinkan nasabah mengajukan gadai secara digital, namun proses serah terima barang tetap harus dilakukan di outlet Pegadaian.

Dalam penggunaannya aplikasi ini membantu nasabah yang akan memberikan rincinan barang untuk dijadikan jaminan dan memberikan perkiraan nilai pinjaman dari barang tersebut.

Selain itu, layanan ini juga memungkinkan nasabahnya untuk tidak berlama-lama di outlet karena formulir telah diisi secara online dan jadwal penukaran jaminan telah ditentukan. Cara ini tentu menjadi alternatif untuk menghindari kerumunan di masa PPMK.

Berikut langkah-langkah untuk melakukan gadai online melalui aplikasi Pegadaian:
    • Login dari akun yang telah dibuat.
    • Di halaman utama, pilih menu "Gadai"
    • Selanjutnya pilih "Booking Service" lalu tentukan jenis barang yang akan digadaikan dan rincinannya, termasuk merk, tipe, tahun produksi, dan harga jual
    • Selanjutnya, aplikasi akan menunjukkan perkiraan jumlah dana yang dapat dipinjam dengan jaminan tersebut. Jika setuju dengan jumlah pinjaman, maka pilih "Selanjutnya"
    • Pilih lokasi outlet Pegadaian terdekat. Outlet yang dipilih akan menjadi outlet tempat barang jaminan digadaikan. Pastikan memilih lokasi yang mudah diakses, seperti di dekat rumah atau tempat kerja.
    • Isi tanggal dan waktu kedatangan.
    • Unggah foto barang yang dijadikan jaminan untuk selanjutnya diproses oleh pihak Pegadaian.
    • Setelah proses selesai, datanglah ke outlet pegadaian yang telah dipilih sesuai dengan tanggal dan waktu yang ditentukan. Pastikan untuk membawa barang jaminan agar dapat lanjut ke proses serah terima barang.
Nilai pinjaman di Pegadaian berkisar antara Rp50.000 hingga Rp500.000.000 atau lebih, tergantung dari kategori dan kondisi barang yang akan dinilai oleh petugas Pegadaian. Nasabah akan dikenai tarif sewa modal sebesar 0,75 persen per 15 hari setiap peminjaman.

Selain menawarkan gadai online, aplikasi Pegadaian juga memberikan layanan tabungan emas, gadai tabungan emas, pembayaran gadai, hingga pembayaran tagihan seperti PLN, PDAM, Telkom, dan BPJS.

Dilansir dari laman Sahabat Pegadaian, aplikasi ini bukan hanya untuk memudahkan nasabahnya di Tanah Air, melainkan juga memudahkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri yang mayoritas memiliki tabungan emas.



Baca juga artikel terkait LAYANAN PEGADAIAN atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Ekonomi)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight