Cara Memperingati Hari AIDS Sedunia 2023 yang Menarik & Bermakna

Kontributor: Lucia Dianawuri, tirto.id - 28 Nov 2023 15:10 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Kumpulan cara yang bisa Anda lakukan bersama komunitas untuk memperingati Hari AIDS Sedunia 2023.
tirto.id - Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperingati Hari AIDS Sedunia pada Jumat, 1 Desember 2023.

Hari AIDS Sedunia sendiri, menurut laman HIV, pertama kali diperingati pada 1988. Ketika itu, perayaan Hari AIDS Sedunia dilakukan untuk menyediakan ruang kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia tentang HIV/AIDS.

Selain itu, perayaan Hari AIDS Sedunia yang pertama, juga bertujuan untuk menghormati setiap kehidupan yang terkena dampak dari HIV/AIDS.

Perayaan tahunan ini diharapkan dapat menjadi penyemangat perjuangan seluruh pihak yang terkait secara global, untuk mengakhiri berbagai stigma negatif terkait HIV/AIDS.

Momen perayaan ini juga sebaiknya dapat menjadi pengingat seluruh warga dunia, agar selalu menghormati orang-orang yang telah tiada akibat HIV/AIDS. Selain itu, juga dapat menjadi seruan untuk terus bekerja, mewujudkan hari ketika HIV/AIDS tidak lagi menjadi hal yang mengancam nyawa masyarakat.

Tema Hari AIDS Sedunia 2023



Melansir dari WHO, Hari AIDS Sedunia 2023 mengusung tema, "Let communities lead", atau "Biarkan masyarakat yang memimpin".

Tema ini adalah pengingat bahwa masyarakat adalah elemen utama dalam gerakan ini. Namun, hingga kini berbagai faktor masih menjadi penghambat utama.

Beberapa faktor yang masih menjadi penghambat utama, di antaranya adalah, keterbatasan dana, banyak peraturan dan kebijakan yang tidak mendukung, serta terbatasnya kapasitas dari berbagai pihak.

Selain itu, berbagai kekerasan dan diskriminasi terhadap sejumlah komunitas yang terpinggirkan juga masih menjadi penghalang dari pencegahan dan pengobatan HIV/AIDS.

Jadi, peringatan Hari AIDS Sedunia 2023 ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, serta berbagai pihak yang berkepentingan agar bersama-sama bekerja keras, tidak lelah melakukan berbagai aksi penanggulangan HIV/AIDS secara global.

Cara Peringati Hari AIDS Sedunia 2023



Guna meningkatkan kesadaran tentang penyakit yang mengancam nyawa ini ada berbagai acara yang bisa Anda lakukan. Berbagai cara itu di antaranya adalah:

1. Membuat kegiatan pengumpulan dana.


Gerakan penanggulangan HIV/AIDS secara global, pasti membutuhkan dana yang cukup besar. Oleh karena itu, Anda bersama komunitas Anda bisa membuat kegiatan pengumpulan dana, yang hasilnya bisa Anda salurkan pada lembaga-lembaga resmi yang memang concern melakukan gerakan ini.

Kegiatan pengumpulan dana itu bisa bermacam-macam bentuknya, semisal Anda bisa membuat acara cuci mobil atau cuci motor, membuat acara pentas seni dan mengambil beberapa persen dari hasil penjualan tiket untuk donasi gerakan, atau membuat lelang karya atau lelang barang-barang antik.

2. Mengadakan webinar mengenai HIV/AIDS.


Guna memperingati Hari AIDS Sedunia, Anda juga bisa melakukan webinar yang mengundang berbagai pembicara yang kompeten. Dalam webinar itu, Anda bisa memberikan edukasi mengenai HIV/AIDS kepada khalayak, sekaligus berkampanye untuk menghilangkan stigma negatif di seputar HIV/AIDS.

3. Mengadakan lomba lari marathon.


Lomba lari marathon ini bisa menjadi ajang kampanye tentang pentingnya menjaga kesehatan agar tidak terinfeksi virus HIV. Selain itu, lomba lari ini juga bisa menjadi ajang kampanye dan penyebar pengetahuan kepada masyarakat luas, mengenai seluk beluk HIV/AIDS.

4. Mengadakan konser peringatan Hari AIDS Sedunia 2023.


Lewat konser yang mendatangkan sejumlah artis, Anda bisa mengkampanyekan mengenai bahaya HIV/AIDS kepada masyarakat luas dengan cara yang lebih simpatik.

5. Menggelar stand up comedy dengan tema Hari AIDS Sedunia.


Anda bisa mengundang sejumlah komika ternama, atau komika lokal di sekitar lingkungan Anda untuk bermonolog tentang bahaya HIV/AIDS. Dengan pendekatan humor, berbagai informasi seputar HIV/AIDS, termasuk bagaimana mengatasi penyakit mematikan ini, bisa disampaikan secara lebih santai dan tidak menakutkan.


Baca juga artikel terkait HARI AIDS SEDUNIA atau tulisan menarik lainnya Lucia Dianawuri
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Lucia Dianawuri
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight