Cara Membuat Bunga dari Kertas Krep dengan Teknik Kelopak Tunggal

Oleh: Rachma Dania - 12 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Berikut cara membuat kerajinan tangan bunga dari kertas krep dengan teknik kelopak tunggal.
tirto.id - Hiasan dalam ruangan tentu akan menambah estetika dan keindahan dalam sebuah ruangan. Hiasan berbentuk bunga bisa menciptakan kesan yang hidup dan tidak terlalu kaku.

Namun, membeli bunga setiap hari bisa jadi merepotkan bagi sebagian orang, karena harus rutin diganti.

Belum lagi bunga yang layu dan berguguran bisa menimbulkan kesan yang tidak begitu baik bagi keindahan ruangan.

Alternatif lain yang bisa juta gunakan adalah bunga yang dibuat dari kertas krep.

Kertas krep merupakan kertas yang cukup terkenal untuk membuat kesenian DIY (Do It Yourself) yang bisa dipraktikan sendiri di rumah.

Di Indonesia kertas krep populer digunakan sebagai hiasan dekorasi ulang tahun, pesta dan lain lain.

Dengan kertas krep kita bisa mengreasikannya menjadi bentuk bunga yang bisa menjadi pajangan di dalam sebuah ruangan, yang tentunya akan menambah keindahan ruangan tersebut.

Ada banyak teknik dalam membuat bunga menggunakan kertas krep sesuai dengan kreasi tiap individu.

Dalam membuat bunga dari kertas krep ada teknik yang dikenal dengan istilah teknik kelopak tunggal yakni membuat bunga dengan teknik menggabungkan kelopak yang sudah dibentuk dan dipotong terlebih dahulu.

Membuat bunga dari kertas krep menggunakan kelopak tunggal memiliki beberapa bagian di antaranya kelopak, batang, daun dan putik. Berikut cara membuatnya.

Gunakanlah kertas krep yang tebal, potong menjadi bentuk kelopak. Lalu lipat sedikit di bagian bawah menggunakan jempol dan telunjuk.

Setelah itu lebarkan bagian atasnya licinkan permukaan dengan cara taruh bolpoin di bawah kertas jepit kertas dan bolpen menggunakan jempol dan telunjuk Anda lalu tarik ke atas.

- Untuk membuat bunga lili, siapkan 5 kelopak dengan bentuk kelopak yang kecil dan memanjang.

- Untuk membuat bunga mawar siapkan 5 kelopak kecil dan 7 kelopak besar bentuk seperti bentuk tetesan air dan gulung ke arah luar sedikit di bagian atasnya.

- Untuk membuat bunga tulip, gunakan 6 kelopak dengan bagian yang meruncing di atas, namun agak lebar di bawah dan paling kecil di bawahnya.

Batang dan putik merupakan satu kesatuan. Gunting kawat bunga, dianjurkan sepanjang 12 inchi jika ingin membuat buket. Lalu bungkus kawat tersebut menggunakan selotip kertas yang berwarna hijau.

- Untuk putik bunga berbentuk kancing, gunakan kapas di atas kawat dan bungkus menggunakan kertas krep.

- Setelah itu, kaitkan dengan batang kawat dibawahnya menggunakan selotip kertas berwarna hijau.

- Untuk putik bunga berbentuk tunas, ambil kertas krep berbentuk persegi dan lipat menjadi bentuk segi tiga. Letakan kertas bentuk segi tiga di belakang batang dan tarik sisi-sisinya menjadi satu hingga berbentuk kuncup lalu rekatkan pada batang.

- Untuk putik bunga yang berbentuk bunga kecil maka gunakanlah kertas brep berbentuk persegi panjang dan potong di salah satu sisi memanjangnya. Ikat mengelilingi batang dan rekatkan.

Selanjutnya tata kelopak mengelilingi batang dengan cara menumpuki sebagian dari kelopak yang lain. Rekatkan dengan selotip dengan warna yang sesuai.

Tata bunga di dalam vas dan pajang di dalam ruangan pilihan Anda.


Baca juga artikel terkait KERAJINAN TANGAN atau tulisan menarik lainnya Rachma Dania
(tirto.id - Hobi)


Penulis: Rachma Dania
Editor: Yandri Daniel Damaledo
Kontributor: Rachma Dania