Cara Membuat Magnet Sendiri di Rumah

Oleh: Wisnu Amri Hidayat - 11 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah cara membuat magnet sendiri di rumah
tirto.id - Magnet menurut KBBI adalah setiap bahan yang dapat menarik logam besi.

Magnet ada yang memang terbentuk secara alami di alam, tetapi magnet juga bisa dibuat oleh manusia.

Magnet alami memiliki daya tarik magnet yang permanen, sementara daya kemagnetan magnet buatan ada yang bersifat sementara dan ada juga yang permanen.

Cara membuat magnet biasanya pernah diajarkan di jenjang Sekolah Dasar (SD), ada tiga cara yang bisa kita lakukan untuk membuat benda logam menjadi memiliki daya magnet, yaitu:

1. Gosokan

Pertama, ambil logam besi. Kita gunakan paku sebagai media untuk magnet. Kemudian, gosokkan paku tersebut dengan magnet lain yang sudah diketahui kutub selatan dan kutub utara nya.

Gosokkan secara searah batang magnet ke batang paku. Jika kita menggosok batang paku menggunakan kutub utara, maka bagian yang tersentuh magnet pertama akan menjadi kutub utara, sementara bagian terakhir yang digosok magnet akan menjadi kutub selatan. Begitupun sebaliknya.

2. Induksi

Cara menjadikan batang paku menjadi magnet dengan menggunakan teknik induksi adalah dengan mendekatkan magnet tetap ke dekat batang paku. Jika batang paku berada cukup dekat dengan magnet dan daya magnet dapat tersalurkan ke batang paku, paku dapat menarik logam-logam lain.

3. Elektromagnetik

Cara membuat batang paku menjadi magnet cukup rumit menggunakan teknik elektromagnetik, namun secara daya dan ketahanan magnetnya, teknik yang satu ini lebih kuat dibanding dua teknik sebelumnya.

Caranya adalah dengan menggunakan baterai dan kawat besi untuk mengalirkan aliran listrik dari baterai ke paku.

Pertama, lilitkan batang paku dengan kawat besi, pastikan bahwa sisa kawat bisa dihubungkan dengan kutub positif dan kutub negatif baterai.

Setelah itu, pasang selotip di kawat besi yang menghubungkan kutub positif dan kutub negatif.

Setelah bisa terhubung, akan ada aliran arus searah (DC) yang mengalir di kawat besi, dan hal ini akan mengakibatkan paku yang dililitkan kawat akan memiliki daya magnet dan bisa menarik logam.

Itulah tiga cara yang bisa memberikan daya magnet ke logam yang sebelumnya tidak bisa memiliki daya magnet.



Baca juga artikel terkait CARA MEMBUAT MAGNET atau tulisan menarik lainnya Wisnu Amri Hidayat
(tirto.id - Hobi)

Kontributor: Wisnu Amri Hidayat
Penulis: Wisnu Amri Hidayat
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight