Cara Membuat Mainan Squishy Sendiri: Kreatif, Mudah, dan Hemat

Oleh: Yonada Nancy - 10 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Squishy bisa dibuat sendiri di rumah dengan cara yang cukup mudah serta bahan-bahan yang relatif murah dan hemat.
tirto.id - Squishy menjadi mainan baru yang digemari dalam beberapa terakhir ini. Bukan cuma anak-anak, banyak remaja bahkan orang dewasa yang menyukai mainan dari busa atau foam ini. Jika Anda kreatif, squishy bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan dan cara yang tidak terlalu sulit.

Bentuk squishy pun beraneka ragam, mulai dari makanan seperti kue dan roti, buah, hingga hewan-hewan lucu. Terkadang, ada aroma manis yang tercium dari squishy. Konon, mainan ini disukai karena dipercaya bisa menimbulkan rasa tenang dan meredakan gelisah. Remaslah, squishy akan mengerucut tapi segera kembali ke bentuk semula.

Harga squishy untuk ukuran kecil kira-kira puluhan ribu rupiah. Untuk ukuran yang lebih besar harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Jika tidak ingin mengeluarkan banyak uang, sekaligus menambah daya kreativitas, Anda sebenarnya bisa membuat squishy sendiri di rumah.

Bahan utama squishy adalah flex-foam atau espak soft yang banyak digunakan untuk bahan perabotan rumah dan otomotif. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko serba ada, toko bahan bangunan, atau dengan mudah memesan lewat toko-toko online.


Di toko online, espak soft dijual dengan harga bervariasi, kira-kira mulai dari Rp40.000,-., yang bisa digunakan untuk membuat beberapa squishy. Itu sudah termasuk 2 jenis espak soft yakni bagian A dan B, terkadang ditambah cat, latex, lem, atau perlengkapan lainnya.

Anda sebenarnya cukup memanfaatkan espak softnya saja, sementara untuk bahan lainnya bisa memakai barang-barang yang ada di rumah. Berikut ini alat dan bahan untuk membuat squishy, berdasarkan tutorial dari channel YouTube Moriah Elizabeth:

Bahan
1 sendok espak soft bagian A
1 sendok espak soft bagian B
1 botol lem bening (untuk cat)
Cat akrilik

Alat
3 gelas plastik, beri label A, B, dan Mix
Stik es krim untuk mengaduk
Cetakan kue berbagai bentuk

Cara Membuat
  • Masukkan espak soft bagian A ke dalam gelas plastik A, aduk dengan cepat.
  • Masukkan espak soft bagian B ke dalam gelas plastik B, aduk dengan cepat.
  • Campurkan espak soft A dan B ke dalam gelas bertuliskan Mix, aduk cepat selama 30 detik.
  • Tuangkan campuran espak soft ke dalam cetakan kue, tunggu mengembang dan mengeras.
  • Terakhir, hiaslah sesuai dengan warna yang diinginkan menggunakan cat akrilik.

Baca juga artikel terkait MAINAN VIRAL atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Hobi)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight