Cara Isi Detail Ayah di KIP Kuliah 2021 kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Oleh: Yantina Debora - 9 Februari 2021
Dibaca Normal 3 menit
Cara mengisi detail ayah saat pendaftaran KIP Kuliah 2021 di kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
tirto.id - Mengisi detail ayah adalah salah satu syarat saat melakukan pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang dibuka mulai hari ini, Selasa (9/2/2021).

Pendaftaran KIP Kuliah hari ini untuk pembuatan akun siswa. Pendaftaran akun KIP Kuliah akan ini dibuka hingga 31 Oktober 2021 melalui https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Sebelum memulai pendaftaran akun di website KIP Kuliah, perhatikan beberapa poin penting berikut terkait NIK, NISN dan NPSN.

Pastikan data nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin dan nama ibu di NIK dan NISN sudah sama dan valid.

Jika ada perbedaan data antara di NIK dan NISN, maka Anda harus mencocokkan data NIK dan NISN pada data di Ijazah SMP atau SMA Anda. Jika yang berbeda adalah data di NIK, maka ajukan perbaikan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Sedangkan jika yang berbeda adalah data di NISN, maka silahkan ajukan perbaikan data di Dapodik/Emis ke Operator Sekolah masing-masing.

Data NIK, NISN dan NPSN yang dipakai untuk mendaftar KIP Kuliah harus sama dengan yang dipakai untuk mendaftar di akun LTMPT.

Jika tidak sama maka Nomor Pendaftaran KIP Kuliah tidak akan terdeteksi ketika dimasukkan ke websitenya LTMPT. Jika masih ada kendala terkait pendaftaran KIP Kuliah, silahkan hubungi
kip.kuliah@ kemdikbud.go.id.

Berikut rincian pendaftaran akun KIP Kuliah dan cara mengisi detail ayah:

1. Klik link pendaftaran akun berikut kipkuliah.kemdikbud.go.id;

2. Memasukkan NIK, NISN, dan NSPN;

3. Silahkan isi dan klik Daftarkan Akun;

4. Perhatikan penulisan huruf besar dan huruf kecil dalam memasukan email, karena sangat berpengaruh sekali. Misal: email lisablackpink@gmail.com berbeda dengan Lisablackpink@gmail.com;

5. Email yang berisi nomor pendaftaran dan kode akses akan dikirim ke email Anda;

Jika dalam waktu 2x24 jam email dari KIP Kuliah belum dikirimkan juga, sedangkan data email yang Anda masukkan sudah benar, maka silahkan ajukan pengiriman ulang kode pendaftaran KIP Kuliah kalian ke alamat https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/resend-email dengan memasukkan NISN Anda dan klik Kirim.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan email KIP Kuliah tidak terkirim di email Anda:
- Email yang didaftarkan tidak aktif atau salah ketik dalam input;
- Email provider menolak email system KIP Kuliah;
- Inbox penuh (silahkan hapus atau kosongkan inbox yang tidak perlu).

6. Login https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/;

7. Masukkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses yang kalian dapatkan di email kalian. Simpan No. Pendaftaran dan Kode Akses Anda dengan baik, karena jika tahun ini Anda tidak diterima kuliah, maka data ini akan dipergunakan lagi untuk pendafataran KIP Kuliah di tahun depan;

8. Bagi Desil <4, silahkan isi Biodata, Keluarga, Prestasi dan Rencana saja. Bagi Desil >4 , silahkan isi Biodata, Keluarga, Ekonomi, Rumah, Aset, Prestasi dan Rencana;

Kolom Biodata

Pada kolom biodata, terdapat beberapa isian data yang perlu diisi ada data yang hanya bisa di edit melalui Dapodik :
a. Foto
Isikan foto formal dan rapi, tampak wajah, boleh berkerudung untuk perempuan, background polos dan bebas, tidak harus memakai seragam sekolah. Format foto JPG/JPEG dengan ukuran maksimal 300 KB. Gunakan aplikasi kompres foto untuk mengecilkan ukuran foto Anda;
b. NISN (Hanya bisa di edit melalui Dapodik);
c. Nama Siswa (Hanya bisa di edit melalui Dapodik);
d. NIK (Hanya bisa di edit melalui Dapodik);
e. Nomor KIP. Khusus bagi yang memiliki KIP dan hanya bisa di edit melalui Dapodik sekolah. Para siswa yang tidak memiliki KIP, tidak perlu khawatir karena pengisian data Nomor KIP sifatnya tidak wajib.
f. No. KKS. Khusus bagi siswa yang orang tuanya memiliki KKS dan hanya bisa di edit melalui Dapodik sekolah. Para siswa yang tidak punya, tidak perlu khawatir karena pengisian data No. KKS sifatnya tidak wajib;
g. Tahun Lulus. Silahkan pilih tahun lulus Anda 2020/2019/2018;
h. Tempat Lahir;
i. Tanggal Lahir;
j. Jenis Kelamin
k. Agama;
l. Alamat;
m. Kabupaten/Kota;
n. Kode Pos;
o. Email;
p. Nomer Telp;
q. Nomer HP.

Kolom Data Keluarga

a. Foto Bersama Keluarga. Isikan foto formal dan rapi, tampak wajah, boleh berkerudung untuk perempuan, background bebas, siswa pendaftar KIP Kuliah wajib ikut. Jumlah anggota keluarga yang ada di foto diusahakan lengkap sesuai yang ada di Kartu Keluarga;
b. NIK Kepala Keluarga;
c. No. Kartu Keluarga;
d. Nama Ayah;
e. Status Ayah;
f. Status Hubungan;
g. Pendidikan Ayah;
h. Pekerjaan Ayah;
i. Detail Ayah;

Dalam detail ayah ini, Anda dapat menjelaskan mengenai pekerjaan Ayah seperti profesi, tempat bekerja, berapa lama sudah bekerja, jadwal kerjanya, kondisi kesehatan dan kondisi karir/profesinya. Jabarkan secara detail dan lengkap.

Contohnya isi detail ayah di KIP Kuliah:

“Ayah saya bekerja sebagai petani, memiliki lahan sawah sendiri. Setahun panen dua kali. Panen pertama padi, kira-kira dapat 25 karung dengan berat 50 kg. Panen kedua biasanya jagung, dan ketika dijual hanya memperoleh uang kira-kira Rp1 juta - Rp1,5 juta. Di musim kemarau biasanya Ayah juga serabutan sebagai kuli bangunan, karena ketika mengandalkan hasil pertanian hanya cukup untuk makan saja, belum bisa menutup kebutuhan sekolah saya dan adik saya. Sekarang Ayah sudah berusia 51 tahun. Tentu kondisi fisiknya tidak lagi kuat. Terakhir 2 tahun lalu, Ayah pernah dibawa ke rumah sakit karena sakit Hernia. Gejala kesehatan yang masih sering diderita ialah asam urat, pegal linu dan masuk angin. Ayah masih punya tanggungan selain saya adalah adik saya yang masih duduk di bangku SD Kelas 6.”

j. Nama Ibu;
k. Status Ibu;
l. Pendidikan Ibu;
m. Pekerjaan Ibu;
n. Detail Ibu;
o. Jumlah Tanggungan ;
p. Nomor Telepon Orang Tua;

Sementara pada kolom ekonomi akan berisi soal penghasilan orangtua, utang piutang, cicilan dan tabungan keluarga.

Pada Kolom Data Rumah, Anda harus mengisi kolom Foto Rumah Tampak Depan dengan ukuran maksimal 300 KB dan Foto Ruang Keluarga dengan ukuran maksimal 300 KB.

Di Kolom Aset, Nama barang, merek, jening barang hingga tahun perolehan, termasuk kondisi barang, harga jual dan harga belinya.

Jika sudah mengisi kolom yang tersedia, silahkan klik cetak kartu peserta dan cetak formulir KIP Kuliah 2021.

Jika mengalami kendala saat melakukan pendaftaran KIP Kuliah, silahkan ajukan permohonan bantuan di kip.kuliah@kemdikbud.go.id mellaui menu bantuan.

Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2021:

1. Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah: 8 Februari 2021 - 31 Oktober 2021;
2. SNMPTN: 14 Februari 2021 - 23 Februari 2021;
3. SNMPN: 12 Februari 2021 - 18 Maret 2021.


Baca juga artikel terkait KIP KULIAH 2021 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight