Cara Daftar BLT Upah BPJS Lewat sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id

Penulis: Yantina Debora, tirto.id - 28 Agu 2020 12:53 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Daftarkan nomor rekening di BPJS Ketenagakerjaan sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id untuk dapatkan BLT bagi pekerja upah di bawah Rp5 juta.
tirto.id - Bantuan langsung tunai pekerja dengan gaji atau upah di bawah Rp5 juta telah disalurkan bertahap melalui bank penyalur BNI, BRI, BTN dan Bank Mandiri.

Bagi Anda yang belum mendapatkan BLT Upah ini, bisa melakukan pendaftaran nomor rekening di https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id/.

Proses pengisian nomor rekening ini bisa dengan cara menghubungi pihak perusahaan atau HRD untuk mendaftarkan Anda sebagai penerima bansos pemerintah tersebut.

Sementara HRD yang belum memasukkan data nomor rekening karyawan di SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan sebagai penerima bantuan subsidi upah, bisa mengikuti tahapan pengisian data berikut:

  • Akses https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id/;
  • Login dengan email dan password yang telah terdaftar;
  • Pilih menu monitoring iuran;
  • Klik detail tenaga kerja pada kolom action;
  • Kemudian akan tampil informasi tenaga kerja;
  • Pilih koreksi data TK masal;
  • Download template excel;
  • Isi data Nomor Rekening, Nama Rekening dan Nama Bank;
  • Kemudian pilih upload setelah selesai pengisian tabel;
  • Tunggu hingga prosesnya selesai;
  • Akan ada notifikasi yang artinya data Anda telah tersimpan.

Sebelumnya Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengungkapkan bahwa masih ada 2 juta rekening yang belum dilaporkan ke BPJS Ketenagakerjaan.

Menaker Ida mendorong pekerja yang belum menyerahkan data nomor rekening ke BPJS Ketenagakerjaan untuk segera menyerahkan data rekeningnya ke perusahaan tempatnya bekerja.

Bahkan Menaker Ida berharap BPJS Ketenagakerjaan mengerahkan cabang-cabangnya untuk mendorong perusahaan yang belum memberikan nomor rekening pekerjanya supaya segera menyerahkan.

Sementara kepada perusahaan yang belum menyerahkan data rekening pekerjanya, Menaker Ida mengingatkan supaya segera menyerahkan.

Penyaluran bantuan subsidi gaji/upah ini diberikan kepada pekerja atau buruh sebesar Rp600 ribu per bulan selama 4 bulan dengan total sebesar Rp2.400.000. Subsidi ini dicairkan dalam dua tahap, masing-masing tahap pencairan sebesar Rp1.200.000.

Penyaluran tapah pertama ini diberikan kepada 2,5 juta pekerja atau buruh. Berikutnya, transfer akan terus dilakukan secara bertahap hingga seluruh pekerja sebanyak 15,7 juta pekerja yang memenuhi syarat menerima bantuan ini.

Rincian penyaluran bantuan subsidi upah atau gaji di masing-masing bank penyalur dari total 2,5 juta penerima batch pertama yakni:

- Rekening Bank Mandiri sebanyak 752.168 orang;
- Rekening Bank BNI sebanyak 912.097 orang;
- Rekening Bank BRI sebanyak 622.113 orang;
- Rekening Bank BTN sebanyak 213.622 Orang.


Baca juga artikel terkait BANSOS atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH

DarkLight