Cara Aman Bersepeda di Malam Hari, Pastikan Alat Standar Terpenuhi

Kontributor: Wulandari, tirto.id - 29 Jul 2020 13:38 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Bersepada malam hari punya keasyikan tersendiri. Perhatikan cara tetap aman bersepeda malam hari dengan menyiapkan peralatan standarnya.
tirto.id - Bersepeda bukan ide buruk untuk menikmati rasa haus akan dunia luar. Cara ini cukup efektif untuk merasakan udara segar. Bersepeda dapat diandalkan sebagai jenis olahraga yang "worth it". Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, bersepeda juga dapat dijadikan tren untuk mengisi waktu luang.

Alternatif Bersepeda di Malam Hari


Di tengah maraknya lalu lalang orang bersepeda rasanya menjadi malas. Jalanan rasanya padat dipenuhi orang bersepeda. Dalam kondisi seperti ini sangat rentan berada dalam kerumunan banyak orang. Akibatnya beberapa orang memilih alternatif lain untuk tetap bersepeda, yakni bersepeda malam hari yang lebih sepi.

Sepeda malam dapat menjadi andalan di berbagai kalangan. Walaupun dilakukan di malam hari, orang tetap akan merasakan udara segar. Namun, bagi sebagian orang sepeda malam bukan lagi menjadi pilihan dalam berolahraga. Mereka cenderung memilih untuk beralih ke jenis olahraga lain dibandingkan sepeda malam. Hal ini dikarenakan kondisi yang gelap serta udara yang tidak lagi fresh dibandingkan pagi atau pun sore hari.


Tidak ada alasan untuk berhenti menggayuh sepeda terutama bagi Anda pecinta komunitas sepeda. Walaupun dilakukan di malam hari Anda tetap bisa bersepeda dengan pengalaman yang menggembirakan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa tips yang dapat diterapkan selama bersepeda di malam hari.

Bagaimana Tetap Aman Bersepeda Malam Hari?


Dilansir oleh road.cc bersepeda malam hari dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa panduan.


Pastikan lampu sepeda menyala


Pencahayaan sangat penting untuk menghindari risiko menabrak benda atau bahkan kendaraan di depannya, selain itu pencahayaan penting untuk menjaga jarak aman.

Pakaian yang nyaman dan sesuai

Saat bersepeda perlu memerhatikan jenis bahan yang dikenakan. Hal ini dikarenakan bahan yang terlalu tebal justru membuat rasa tidak nyaman dan mudah gerah sebaliknya, pakaian yang terlalu tipis kurang cocok dinekan di malam hari. Sehingga penting untuk memerhatikan pakaian agar tetap nyaman.

Tentukan rute

Selanjutnya merencanakan rute yang akan dituju. Alangkah lebih baik sebelum memulai bersepeda membuat perencanaan rute. Meskipun dilakukan pada malam hari tetapi jika rute yang dituju jelas maka mengurangi risiko rentan tersesat.

Bagi Anda yang memiliki komunitas sepeda maka beruntunglah. Selama bersepeda usahakan untuk tidak melakukannya sendiri, melainkan bergabung dengan pasangan atau grup. Salah satu alasannya, karena selama perjalanan tidak dapat diprediksi hal-hal apa saja yang akan terjadi. Hal ini dilakukan untuk menghindari jika terjadi sesuatu selama perjalanan.

Siapkan peralatan mekanik

Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan mekanik untuk sekadar berjaga-jaga. Persiapan peralatan sepeda panting untuk diperhatikan. Pada malam hari bengkel banyak yang sudah tutup. Oleh karena itu untuk menghindari hal tersebut Anda dapat membawa peralatan dari rumah.

Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan. Terlebih jika kita melakukannya bersama-sama maka olahraga akan erasa lebih nikmat. Namun, jangan sampai malah membuat bersepeda menjadi salah kaprah karena persepsi bahwa bersepeda dalam kegelapan justru menakutkan.

Jangan khawatir bersepeda malam dapat dilakukan dengan menyenangkan jika Anda mengikuti arahan yang sesuai. Walaupun tetap aman jangan lupa untuk selalu waspada karena kondisi bersepeda setelah matahari terbenam tidak seperti saat pagi atau sore hari.


Baca juga artikel terkait SEPEDA atau tulisan menarik lainnya Wulandari
(tirto.id - Hobi)

Kontributor: Wulandari
Penulis: Wulandari
Editor: Agung DH

DarkLight