Menuju konten utama

Cara Aktifkan All Channel Indihome Kompensasi Gangguan Internet

Agar cara aktifkan all channel Indihome berhasil, ada tips sederhana yang perlu pelanggan ketahui. Berikut ini panduannya.

Cara Aktifkan All Channel Indihome Kompensasi Gangguan Internet
fasilitas layanan di custumer service di plasa telkom, jakarta. indihome merupakan layanan triple play dari telkom yang terdiri dari internet on fiber atau high speed internet, phone (telepon rumah), dan tv kabel. tirto/andrey gromico

tirto.id - Cara aktifkan all channel Indihome perlu pelanggan ketahui sebagai bentuk kompensasi bagi mereka yang terdampak gangguan internet akibat jaringan optik bermasalah.

Layanan internet Indihome mengalami gangguan di sejumlah titik di Indonesia akibat kerusakan kabel bawah laut Jawa, Sumatera, Kalimantan (Jasuka) pada ruas Batam-Pontianak pada Minggu (19/9/2021) pukul 17.33 WIB.

“Telah terjadi gangguan pada sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera, dan Kalimantan ruas Batam-Pontianak,” kata SVP Corporate Communication & Investor Relation PT Telkom, Ahmad Reza.

Pada Jumat (24/9/2021), Telkom mengklaim layanan internet fiber optik Indihome dan seluler Telkomsel sudah kembali normal.

“Hingga hari ini [24 September] kapasitas bandwidth telah mencapai target pemulihan 100 persen layanan, seiring dengan bertambahnya kapasitas sebesar 1Tbps kemarin malam,” kata Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono.

Perbaikan kabel laut Jasuka berada di sekitar 1,5 Km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut. Telkom menyiapkan tim, cableship dan segala kebutuhannya untuk mempercepat proses penyambungan kabel.

“Diperkirakan untuk perbaikan kabel laut ini akan selesai pada minggu kedua Oktober bahkan bisa lebih cepat,” kata dia.

Kompensasi Gangguan Internet

Telkom mengklaim akan memberikan kompensasi kepada pelanggan yang terdampak sesuai aturan yang berlaku. Telkom akan memberi kompensasi sebagaimana tertuang dalam kontrak saat awal berlangganan sesuai dengan segmen pelanggan.

“Bagi pelanggan IndiHome yang terdampak, tentu kami akan memberikan kompensasi sesuai dengan ketentuan pada kontrak berlangganan masing-masing pelanggan,” kata Vice President Marketing Management Telkom, Edie Kurniawan, Jumat (24/9/2021).

Edie mengatakan bahwa ganti rugi berupa pengunduran masa pembayaran dari tiap pelanggan sampai 25 September 2021 dan pemutihan denda keterlambatan pembayaran layanan internet.

Lain itu, Indihome akan memberikan gratis open all channel mulai tanggal 26 September sampai dengan 15 Oktober 2021.

Cara Aktifkan All Channel Indihome

Kompensasi gratis open all channel tentu saja menjadi kabar bagus bagi pelanggan Indihome. Pasalnya, dalam waktu dekat beragam channel baru akan hadir tepatnya pada 1 Oktober 2021.

Dikutip dari situs Indihome, channel-channel baru itu seperti Paramount Network, HITS, HITS Movies, My Cinema, My Cinema Asia, dan My Family untuk penggemar film dan serial TV.

Lalu, ada TCL bagi yang punya hobi jalan-jalan, kulineran, atau desain dan dekorasi. Berikutnya TechStorm untuk para penggemar esports dan teknologi terkini, serta channel Horizon Sports untuk yang hobi olahraga di alam bebas seperti panjat tebing, kayaking dan masih banyak lagi.

Sementara itu, untuk cara mengaktifkan all channel Indihome sangat mudah. Pelanggan hanya perlu me-restart STB dengan cara menekan tombol On Off (power) pada STB-nya.

Namun perlu dicatat bahwa gratis open all channel hanya berlaku sampai dengan 15 Oktober 2021. Channel-channel yang terbuka dapat kembali tertutup sesuai kontrak atau aturan yang berlaku.

Baca juga artikel terkait INDIHOME atau tulisan lainnya dari Ibnu Azis

tirto.id - Teknologi
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Yantina Debora