Capai Rp468 T, Sri Mulyani Harap Dana Desa Bisa Sejahterakan Rakyat

Reporter: Dwi Aditya Putra, tirto.id - 22 Jun 2022 14:08 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Pemerintah sudah menyalurkan dana desa mencapai lebih dari Rp468 triliun sejak diluncurkan pada 2015.
tirto.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, berharap penyaluran dana desa bisa dimanfaatkan untuk mendorong kesejahteraan masyarakat di desa. Pemerintah sudah menggelontorkan dana desa mencapai lebih dari Rp468 triliun sejak diluncurkan pada 2015.

"Kita berharap bahwa transfer dana desa bisa benar-benar bisa membangun dan memajukan kesejahteraan rakyatnya," ujarnya dalam sambutan pada Kick Off Kerja Sama PKN STAN dan Kementerian Desa PDT, Rabu (22/6/2022).

Sesuai Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, penyaluran dana desa ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh pemerintah desa untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat desa.

Sesuai dengan wilayah geografis yang cukup luas, jumlah desa di Indonesia saat ini mencapai 75.000. "Lebih dari Rp468 triliun semenjak dana desa itu diatur oleh undang-undang dan kemudian dialokasikan secara terus menerus didalam APBN," kata Sri Mulyani.

Hingga akhir April 2022, realisasi penyaluran dana desa sudah mencapai Rp22,3 triliun atau meningkat 32,79 persen dari pagu sebesar Rp68 triliun. Realisasi ini juga mengalami kenaikan 32,31 persen apabila dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp16,85 triliun.

Penggunaan dana desa selama tiga tahun terakhir ikut dipaksa merespons kondisi pandemi COVID-19. Kondisi APBN membuat pemerintah mengubah skema penyaluran demi menyelamatkan masyarakat dari pandemi yang berasal dari negara Tirai Bambu tersebut.

"Karena kami utak-atik bukan hobi, bukan jahil, ini karena masalah keterpaksaan dari sisi Indonesia dihadapkan pada prioritas yang memaksa kita untuk menggunakan seluruh instrumen yang ada," kata Sri Mulyani dalam rapat dengan Komite IV DPD, di Jakarta, Selasa (7/6/2022).



Baca juga artikel terkait DANA DESA atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Anggun P Situmorang

DarkLight