Cak Imin Terpilih Kembali Jadi Ketua Umum PKB secara Aklamasi

Oleh: Andrian Pratama Taher - 21 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Muhaimin Iskandar (Cak Imin) ditetapkan kembali menjadi Ketua Umum PKB. Secara aklamasi, 34 DPW PKB mendukung Cak Imin menjabat posisi ketua umum lagi.
tirto.id - Rapat pleno DPP PKB telah resmi menetapkan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) kembali menjadi ketua umum periode 2019-2024. Keputusan itu muncul dalam sidang pleno Muktamar PKB ke-IV di Bali.

Penetapan itu dilakukan setelah mendengar aspirasi 34 DPW partai tersebut. Secara aklamasi, 34 DPW PKB meminta Cak Imin kembali menjadi ketua umum.

"Memperhatikan surat dukungan yang sudah diserahkan 34 DPW PKB kepada bapak Abdul Muhaimin Iskandar untuk kembali menjadi Ketua Umum DPP, serta hasil [pemilihan] aklamasi, memutuskan menetapkan Abdul Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa periode 2019-2024 sekaligus sebagai mandataris tunggal Partai Kebangkitan Bangsa," kata pemimpin sidang Ida Fauziyah dalam rapat pleno di Hotel Westin, Bali, Rabu (21/8/2019) dini hari.

Pengambilan keputusan tentang penetapan kembali Cak Imin sebagai Ketua Umum PKB itu tergolong cepat. Sebab, sidang sebenarnya baru dimulai pada pukul 22.40 WITA, Selasa malam.

Sidang pleno itu diawali dengan pembacaan laporan pertanggungjawaban (LPJ) DPP PKB selama 40 menit.

Kemudian diikuti dengan mendengar aspirasi dari 34 DPW PKB yang semuanya mendukung Cak Imin kembali memimpin PKB.


Ida Fauziah, sebagai pemimpin sidang, kemudian menyatakan mendemisionerkan Cak Imin sebagai Ketua Umum PKB 2014-2019.

Lalu, Ida menyampaikan permintaan 34 DPW PKB agar Cak Imin kembali menjadi ketua umum.

Setelah itu, Cak Imin menyatakan bersedia menerima permintaan pengurus 34 DPW PKB tersebut.

"Dengan memahami sepenuhnya amanah yang begitu besar, dan dengan memahami secara nyata tantangan dan masa depan perjuangan PKB, dan diiringi oleh semangat yang luar biasa dari para pengurus, khususnya ketua-ketua DPW se-Indonesia, saya bisa memahami sepenuhnya harapan-harapan itu," kata Cak Imin.

Dia pun menegaskan siap menerima mandat untuk kembali memimpin PKB pada periode 2019-2024 sebagaimana permintaan para pengurus dari 34 DPW.

"Dengan niat ibadah, pengabdian di mata Allah, disertai niat Pengabdian total kepada Merah putih dan NKRI tercinta, Bismillahirrahmanirrahim, saya bersedia memimpin kembali PKB pada 2019-2024. Semoga Allah memberikan kekuatan kepada saya dan kita semua," ujar Cak Imin.


Baca juga artikel terkait MUKTAMAR PKB atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Addi M Idhom
DarkLight