Cak Imin Sibuk Urus Partai dan Jarang Hadir di DPR Usai Dilantik

Oleh: Bayu Septianto - 8 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Dari tiga kali rapat pimpinan DPR RI, hanya satu kali Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menghadiri rapat, yakni pada 2 Oktober 2019.
tirto.id - Sejak dilantik menjadi Wakil Ketua DPR RI pada Selasa, 1 Oktober 2019, Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) tak pernah terlihat di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta.

Dari tiga kali rapat pimpinan DPR RI, menurut catatan Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar, hanya satu kali Cak Imin menghadiri rapat, yakni pada Rabu 2 Oktober 2019 atau sehari setelah pelantikan.

"Di rapat pimpinan pertama ada Cak Imin, kemudian [rapat pimpinan berikutnya] izin ke Bu Ketua [Puan Maharani] lagi ada acara di Jawa Timur," ujar Indra saat dihubungi, Selasa (8/10/2019).
Sejak dilantiknya anggota dan pimpinan baru, DPR sudah melaksanakan tiga kali rapat.

Rapat pertama adalah rapat pimpinan DPR satu hari setelah dilantik, kemudian rapat fraksi untuk membahas ruang kerja dan rumah dinas pada Jumat (4/10/2019). Terakhir rapat fraksi membahas Alat Kelengkapan Dewan (AKD) pada Senin (7/10/2019) kemarin.

Hari ini, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu kembali tak terlihat di Kompleks Parlemen, Senayan.

Padahal, Puan Maharani bersama tiga wakil ketua DPR lainnya yakni Sufmi Dasco Ahmad, Aziz Syamsuddin, dan Rahmat Gobel kompak berkeliling meninjau setiap sudut Kompleks Parlemen sampai menemui aparat TNI-Polri yang sedang bertugas menjaga Gedung DPR/MPR.

Ketua Fraksi PKB di DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal mengakui Cak Imin memang tengah sibuk mengurus partai sehingga tak bisa hadir dalam beberapa rapat di DPR beberapa hari ini.

“Beliau masih prepare dulu untuk di DPP juga kan kemarin habis muktamar, kemudian [mengurus terbitnya] SK segala macam, persiapan menghadapi Pilkada, karena rapat-rapat di DPP jalan terus juga kami," kata Cucun saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Bukan kali ini saja, saat menjabat sebagai Wakil Ketua MPR periode 2014-2019 lalu, Cak Imin juga jarang terlihat hadir di Kompleks Parlemen, padahal saat itu ia menjadi pimpinan MPR tambahan hasil revisi UU MD3 pada 2018.

Cucun pun berjanji ketua umumnya itu akan lebih rajin lagi saat menjadi wakil ketua DPR.

Menurutnya pekerjaan Wakil Ketua DPR lebih jelas tugas dan fungsinya dibandingkan saat menjadi pimpinan MPR. Apalagi Cak Imin telah ditunjuk menjadi Wakil Ketua DPR Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, posisi yang dulu ditempati Fahri Hamzah.

"MPR kan tidak sesibuk DPR, kalau sekarang kan jelas fungsi beliau di korkesra kan. Pasti yang membawahi komisi-komisi bidang kesra itu akan terus dipantau dan disikapi apa nanti pointer-poiter yang harus dilakukan bersama pimpinan AKD yang di Komisi di bawah beliau," ungkap Cucun.

"Nanti pasti lah, akan sering [berkantor di DPR]," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait ANGGOTA DPR RI 2019-2024 atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Abdul Aziz
DarkLight