BPN Bentuk Tim Persiapan & Evaluasi Debat, Libatkan Sudirman & SBY

Oleh: Hendra Friana - 12 Januari 2019
Tim konten debat dikoordinatori oleh Sudirman Said dan evaluasi melibatkan SBY.
tirto.id - Wakil Ketua BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Priyo Budi Santoso, mengatakan bahwa koalisinya telah menyusun tim yang bekal mempersiapkan materi debat untuk tanggal 16 Januari 2019 mendatang.

Priyo bilang, tim bentukan Ketua BPN Djoko Santoso itu berisikan delapan orang yang dikoordinatori oleh mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.

"Pak Djoko Santoso Ketua Timses kami dalam rapat beberapa Minggu lalu membentuk tim delapan yang kebetulan saya koordinatornya dan melibatkan semua," ucapnya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (12/1/2019).

"Tim konten dan semuanya dikoordinatori oleh Mas Sudirman Said," tambahnya.

Selain tim persiapan materi debat, tim yang bertugas untuk mengevaluasi debat juga telah dibentuk. Tak tanggung-tanggung tim tersebut bahkan melibatkan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Tim yang kemudian menyiapkan masukan-masukan secara informal. Minimal tokoh-tokoh sekaliber bahkan Pak SBY sekalipun berkenan untuk memberikan masukan," ujar Priyo.

BPN Prabowo-Sandi telah menerima 20 daftar pertanyaan yang telah diberikan kepada capres dan cawapres dari enam tim panelis KPU. Tema debat pertama itu antara lain terkait isu hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Beberapa hari mendatang, ujar Priyo, Prabowo dan Sandi bakal fokus berdiskusi dengan berbagai tokoh termasuk mendengar masukan sebagai bekal untuk baku argumen dengan petahana Joko Widodo dan pasangannya Ma'ruf Amin.

"Memang sudah disepakati di Jakarta menyiapkan segala sesuatunya. Mendengarkan tokoh-tokoh untuk memberikan masukan dan ini tradisi yang bagus," tutur Priyo.


Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Politik)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Irwan Syambudi