B.J. Habibie Dikebumikan Pukul 13.00, di Sebelah Makam Ainun

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 11 September 2019
B.J. Habibie dimakamkan di TMP Kalibata, di sebelah makam Ainun.
tirto.id - Jenazah Presiden Republik Indonesia ketiga, B.J. Habibie tiba di rumah duka yaitu di kawasan Patra Kuningan XIII pukul 20.33 WIB. Di dalam mobil ambulans tampak ada dua orang yang ikut dalam mobil jenazah.

Berdasarkan hasil pantauan, peti jenazah BJ Habibie langsung diangkut dari mobil Jenazah oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang lengkap mengenakan jas merah celana putih.

Di rumah duka, reporter Tirto melihat beberapa pejabat yang melayat, di antaranya Mensesneg Pratikno, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Ali Ngabalin, Ketua Dewan Kehormatan MUI Din Syamsudin, Politisi Golkar Nurdin Khalid, Wakil Ketua Habibie Centre Dewi Fortuna Anwar, Mantan Kepala BIN Hendropriyono, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar.

Selain pejabat tampak hadir pula artis Reza Rahadian, Bunga Citra Lestari, dan Asraf Sinclair.

Habibie meninggal dunia pada Rabu, 11 September 2019 petang. Kabar tersebut telah dikonfirmasi oleh putra Habibie, Thareq Kemal Habibie.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Alasan kenapa meninggal adalah karena sudah menua dan memakan usia. Kemarin saya katakan bahwa gagal jantung yang mengakibatkan penurunan itu, kalau memang organ-organ itu degenerasi melemah, menjadi tidak kuat lagi, maka tadi jam 18 lebih tiga, jantungnya dengan sendiri menyerah,” kata Thareq kepada reporter Tirto di RSPAD, Jalan Abdul Rahman Saleh Raya, Senen, Jakarta Pusat, pada Rabu (11/9/2019) malam.

BJ Habibie meninggal dalam perawatan RSPAD Gatot Soebroto. Ia sudah dirawat secara intensif di RS tersebut sejak Minggu, 8 September 2019.

Rencananya B.J. Habibie akan dimakamkan di TMP Kalibata pada Kamis, 12 September 2019, pukul 13.00. Jenazah Habibie akan dikebumikan di sebelah makam istrinya, Ainun.


Baca juga artikel terkait BJ HABIBIE atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Politik)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Widia Primastika
DarkLight