BI: Kinerja Industri Pengolahan Hingga Akhir 2018 Ekspansif

Oleh: Hendra Friana - 11 Januari 2019
Industri pengolahan pada triwulan IV-2018 berada pada level ekspansi. Hal ini terindikasi dari nilai Prompt Manufacturing Index (PMI)-Bank Indonesia (BI) sebesar 51,92 persen.
tirto.id - Kinerja sektor Industri Pengolahan pada triwulan IV-2018 berada pada level ekspansi. Hal ini terindikasi dari nilai Prompt Manufacturing Index (PMI)-Bank Indonesia (BI) sebesar 51,92 persen.

Selain itu, hasil Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) triwulan IV-2018 untuk kegiatan usaha dan investasi Industri Pengolahan juga terindikasi meningkat dengan Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 0,32 persen dan 2,71 persen.

Peningkatan kinerja Industri Pengolahan tersebut didorong oleh kenaikan volume produksi yang sejalan dengan meningkatnya pesanan.

"Berdasarkan rincian subsektor, ekspansi kinerja sektor Industri Pengolahan terjadi pada subsektor Industri Alat Angkut, Mesin & Peralatannya," terang BI dikutip dari situs resminya, Jumat (11/1/2019).

Berdasarkan komponen pembentuk PMI-BI, peningkatan kinerja Industri pengolahan pada triwulan IV-2018 didorong oleh ekspansi pada sebagian besar komponen indeks, terutama indeks volume pesanan dan indeks volume produksi.

Indikator volume pesanan pada triwulan IV-2018 tercatat mengalami ekspansi dengan indeks sebesar 54,74 persen, meningkat dibandingkan 53,37 persen pada triwulan III-2018.

"Hasil survei mencatat, peningkatan volume pesanan didorong oleh peningkatan permintaan khususnya di pasar domestik. Ekspansi volume pesanan diperkirakan berlanjut pada triwulan I-2019 dengan indeks sebesar 56,17 persen," jelas bank sentral.

Dengan demikian, BI memperlihatkan bahwa triwulan I-2019, kinerja sektor Industri Pengolahan masih bakal terus ekspansif. Hal ini terindikasi dari PMI-BI yang berada pada fase ekspansi dengan indeks yang meningkat menjadi sebesar 54,75 persen.

Sejalan dengan ekspansi PMI-BI, SBT kegiatan usaha sektor Industri Pengolahan triwulan I-2019 tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan SBT triwulan sebelumnya.

Berdasarkan rincian subsektor, ekspansi kinerja sektor Industri Pengolahan diperkirakan pada subsektor Industri Makanan, Minuman dan Tembakau.


Baca juga artikel terkait INDUSTRI PENGOLAHAN atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno