Info PPPK Guru Terkini

Berita PPPK Terbaru, Info GTK hingga Passing Grade PPPK Guru 2021

Oleh: Yonada Nancy - 28 September 2021
Dibaca Normal 2 menit
Berita PPPK terbaru, seleksi tahap II akan diselenggarakan mulai Oktober hingga November 2021 mendatang.
tirto.id - Peserta seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru 2021 harus memenuhi nilai ambang batas atau passing grade agar lolos seleksi.

Penetapan passing grade PPPK Guru 2021 berdasarkan masing-masing materi yang diujikan.

Dalam seleksi kompetensi PPPK Guru 2021 terdapat empat materi ujian, yaitu seleksi kompetensi teknis, manajerial, sosial kultural, dan wawancara. Seleksi kompetensi teknis merupakan seleksi untuk menguji pengetahuan, keterampilan, dan perilaku pelamar yang sesuai dengan bidang teknis jabatan yang dilamar.

Seleksi kompetensi teknis merupakan merupakan materi ujian PPPK Guru dengan butir soal terbanyak, yaitu 100 soal. Bobot satu soal benar untuk seleksi kompetensi teknis bernilai 5, sementara apabila salah atau tidak dijawab nilainya 0.

Seleksi kompetensi manajerial digunakan untuk mengukur kemampuan pelamar terkait perilaku dalam berorganisasi. Termasuk juga penilaian terhadap kerjasama, komunikasi, integritas, pelayanan publik, pengembangan diri, hingga pengambilan keputusan. Jumlah butir soal untuk kompetensi manajerial adalah 25.

Penilaian untuk seleksi kompetensi manajerial diukur dalam 0 hingga 4, dimana jawaban paling sesuai nilainya 4, paling tidak sesuai nilainya 1, dan tidak dijawab nilainya 0.

Materi lainnya adalah seleksi kompetensi sosial kultural. Seleksi ini mengukur kemampuan pelamar terkait pengalalam dalam bertinteraksi dengan masyarakat majemuk. Materi sosial kultural memuat 20 butir soal dalam seleksi kompetensi PPPK Guru 2021. Bobot satu soal dijawab paling sesuai nilainya 5, paling tidak sesuai nilainya 1, dan tidak dijawab nilainya 0.

Penetapan passing grade seleksi kompetensi sosial kultural digabung dengan seleksi kompetensi manajerial.

Materi terakhir adalah wawancara. Wawancara dilakukan untuk menilai integritas dan moralitas pelamar. Tahun ini wawancara juga dilaksanakan dengan sistem computer assisted test (CAT).

Tahun ini, terdapat 10 soal wawancara yang harus dijawab pelamar dalam 15 menit. Satu soal dijawab benar paling sesuai nilainya 4, paling tidak sesuai nilainya 1, dan tidak dijawab nilainya 0.

Besaran passing grade masing-masing materi seleksi kompetensi PPPK Guru 2021 telah ditetapkan pemerintah melalui Berdasarkan Keputusan Menpan RB Nomor 1127 Tahun 2021. Melansir @BKNgoidofficial, berikut daftar passing grade agar lolos seleksi PPPK Guru 2021.

Seleksi Kompetensi Passing Grade Nilai Kumulatif Maksimal
Teknis Terlampir dalam Keputusan Menpan RB Nomor 1127 Tahun 2021 500
Manajerial 130 200
Sosial Kultural
Wawancara 24 40
Passing grade untuk seleksi kompetensi teknis PPPK Guru dibedakan berdasarkan satuan pendidikan dan mata pelajaran yang dilamar. Total terdapat 213 jenis passing grade untuk PPPK Guru 2021 yang dapat diunduh di link berikut:

Daftar passing grade Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Guru 2021 [Halaman 7]

Jadwal Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2021 Tahap II



Seleksi kompetensi PPPK Guru 2021 tahap I telah terlaksana pada 13 hingga 17 September 2021 lalu. Bagi peserta yang belum mengikuti seleksi kompetensi PPPK tahap I, maka memiliki kesempatan untuk ikut di tahap II.

Menurut Pengumuman Nomor 4661/B/GT.01.00/2021, seleksi tahap II akan diselenggarakan mulai Oktober hingga November 2021 mendatang. Kegiatannya meliputi pemilihan formasi, pengumuman waktu dan lokasi seleksi, pelaksanaan ujian, pengumuman hasil, masa sanggah, hingga pengumuman akhir.

Berikut jadwal pelaksanaan PPPK Guru 2021 tahap II
  • Pengumuman dan Pemilihan Formasi II : 9 - 15 Oktober 2021
  • Pengumuman daftar peserta, waktu, dan tempat seleksi: 22 Oktober 2021
  • Cetak Kartu Peserta Seleksi: 22 - 25 Oktober 2021
  • Seleksi ujian dan wawancara : 26 - 30 Oktober 2021
  • Pengumuman hasil seleksi : 5 November 2021
  • Masa sanggah : 5 - 8 November 2021
  • Jawab sanggah : 8 - 15 November 2021
  • Pengumuman hasil sanggah : 15 November 2021
Jadwal tersebut dapat berubah sewaktu-waktu mengingat adanya penyesuaian jadwal rilis pengumuman hasil ujian tahap I. Peserta direkomendasikan untuk terus memantau laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id untuk memperoleh informasi perubahan jadwal terbaru.

Info GTK PPPK Guru 2021



Pelamar PPPK Guru 2021 dapat memperoleh kesempatan belajar ujian seleksi kompetensi gratis melalui https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id. Platform tersebut dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) khusus bagi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

Platform Ayo Guru Belajar memuat modul materi belajar dan kumpulan soal PPPK Guru 2021. Selain itu, terdapat pula layanan tryout yang dapat diakses dalam periode tertentu.

Untuk mengakses laman tersebut, pelamar memerlukan akun SIMPKB dan telah terdaftar di Dapodik. SIMPKB dapat dibuat dengan menemukan informasi nomor UKG terlebih dahulu, dengan cara:
  • Pastikan pelamar telah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Sekolah dan pastikan Dapodik Sekolah sudah sinkron dengan Dapodik Pusat.
  • Jika Dapodik sekolah belum sinkron dengan Dapodik Pusat, silahkan hubungi operator Dapodik sekolah. Setelah Dapodik sekolah sinkron dengan Dapodik Pusat, tunggu 2x24 jam untuk mendapatkan akun SIM-PKB.
  • Cari dan aktivasi akun SIM-PKB melalui laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id.
  • Masukan nama, provinsi, dan kota kemudian silakan klik tombol "CARI GTK."
  • Gulir kebagian bawah laman untuk melihat hasil pencarian, dan silakan lihat nomor UKG
Setelah berhasil mengakses nomor UKG, pelamar dapat langsung membuat akun SIMPKB dengan cara:
  • Buka laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id dan klik "Registrasi Akun GTK"
  • Lengkapi data Nomor Peserta UKG dan Tanggal Lahir serta klik konfirmasi "Saya bukan robot". Jika sudah silakan klik tombol "REGISTER"
  • Lakukan konfirmasi registrasi akun dengan klik "Setujui dan Cetak"
  • Lakukan cetak dokumen pemberitahuan Akses Layanan dengan klik tombol "Save," "Simpan," atau tombol berwarna biru" (Sesuai pengaturan browser yang digunakan)


Baca juga artikel terkait PPPK 2021 atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight