tirto.id - Bank Mandiri membenarkan adanya gangguan pada sistem yang menyebabkan terjadinya pengurangan dan penambahan saldo tabungan nasabah. Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengimbau para nasabah agar tidak khawatir.
"Masih dalam proses maintenance seperti ini, kami imbau untuk cek saldonya dalam 2 atau 3 jam ke depan," kata Rohan di Plaza Mandiri, Jakarta Selatan, Sabtu (20/7/2019).
Permasalahan yang ada, menurut Rohan, terjadi pada saat perpindahan proses dari core system ke backup system yang rutin dilaksanakan di akhir hari. Oleh sebab itu ia menegaskan, kejadian seperti ini bukan lah human error.
"Tapi kali ini terjadi problem, dan nanti akan diinvestigasi. Namun dugaan sementara ada persoalan pada hardware," ujarnya.
Rohan mengatakan, masalah mulai muncul pada Sabtu (20/7/2019) pukul 02.00 WIB, tetapi nasabah baru menyadarinya sekitar pukul 08.00 WIB.
"Tapi mungkin masyarakat belum melakukan transaksi saat itu. Jadi masalah ini baru pada jam 8 pagi mulai banyak yang komplain," ucapnya.
Ia mengaku, belum mengetahui jumlah nominal yang bermasalah pada masing-masing nasabah. Menurutnya, jumlah itu variatif. Ia hanya dapat menginfokan terdapat 10 persen nasabah yang mengalami saldo eror yang saat ini sedang diupayakan pemulihan.
"Dengan melakukan backup, hanya saja prosesnya makan waktu. Sebetulnya untuk pengembalian jumlah saldo bisa cepat dilakukan, kalau mau dikembalikan karena itu, kan, sistem, tapi kita melakukan double check, itu manual," pungkasnya.
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno