Liga 1 Indonesia

Asa Hariono Kembali dan Pensiun di Persib Bandung

Oleh: Iswara N Raditya - 23 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hariono berharap bisa kembali ke Persib Bandung hingga pensiun.
tirto.id - Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, sudah memastikan bahwa Hariono tidak masuk dalam rencananya musim depan. Gelandang senior ini pun dilepas setelah menjalani laga terakhirnya di Liga 1 2019 antara Persib Bandung vs PSM Makassar beberapa waktu lalu. Kendati begitu, Hariono masih berharap kembali dan pensiun di tim Maung Bandung.

Hariono menegaskan akan terus merumput kendati tidak lagi bersama tim Pangeran Biru yang sudah diperkuatnya selama 11 tahun ini. Jika ada kesempatan, kelak gelandang yang lekat dengan rambut gondrongnya ini ingin kembali ke Persib hingga gantung sepatu.

"Belum mikirin pensiun, anak masih kecil. Jadi terus main saja, selagi masih kuat. Ya kalau ada jodohnya, rezekinya di sini, mungkin Insya Allah ingin balik lagi ke sini [Persib Bandung], ingin pensiun di sini," ucap Hariono di Bandung, dikutip dari Antara, Senin (23/12/2019).


Diakui oleh pemain yang memakai nomor jersey 24 di Persib Bandung ini, ada beberapa klub dari Liga 1 maupun Liga 2 yang menginginkannya untuk musim depan. Namun, Hariono belum menentukan pilihan.

"Ada beberapa. Lebih dari lima, ya mungkin ada segituan, di antara segitu,” sebut mantan gelandang pengangkut air yang bergabung dengan Persib Bandung sejak tahun 2008 ini.

Hariono memperkuat Persib Bandung sejak 2008 setelah sebelumnya membela dua klub asal kota kelahirannya, yakni Persida Sidoarjo (2003-2004) dan Deltas Sidoarjo (2004-2008). Adalah pelatih Persib saat itu, Jaya Hartono, yang membawa pemain ini ke kota kembang.

Dalam perjalanan kariernya, Hariono akhirnya menjadi pemain andalan Persib. Ia dikenal sebagai sosok gelandang yang tangguh dan tanpa kompromi. Hariono adalah seorang destroyer sekaligus palang pintu terakhir di depan garis lini pertahanan pasukan Maung.

Pemain yang akrab disapa Mas Har ini turut mengantarkan Persib Bandung meraih juara Indonesia Super League (ISL) 2014 dan Piala Presiden 2015. Namun, musim ini di usianya yang sudah menginjak 34 tahun, Hariono mulai jarang dimainkan.


Baca juga artikel terkait PERSIB BANDUNG atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight