Arus Balik Lebaran Mulai 24 April 2023, Ini Jadwal One Way Tol

Reporter: Dwi Aditya Putra, tirto.id - 23 Apr 2023 09:15 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Pemberlakukan lajur satu arah ini juga akan diterapkan pada 29 April sampai 2 Mei dari KM 414 hingga KM 72.
tirto.id - Arus balik Lebaran one way atau satu arah akan dimulai pada Senin, 24 April 2023 sampai dengan Rabu, 26 April 2023. Pemberlakukan lajur satu arah ini juga akan diterapkan pada 29 April sampai 2 Mei dari KM 414 hingga KM 72.

Diketahui pemberlakukan one way atau satu arah ini sesuai dengan Surat Keputusan Bersama yang dikeluarkan oleh Direktur Jendral Perhubungan Darat, Kepala Korlantas Indonesia, dan Direktur Jendral Bina Marga terkait dengan Peraturan Lalu Lintas Jalan Serta Penyeberangan selama Arus Mudik dan Balik Angkutan Lebaran tahun 2023.

“Koordinasi terus kami lakukan dengan beberapa instansi terkait seperti Korlantas, Polda Jabar, dan Kepolisian wilayah terkait dengan simpul-simpul kepadatan, sarana prasarana dalam menghadapi pemberlakuan one way di Ruas Tol Cipali,” ungkap Presiden Direktur ASTRA Tol Cipali, Firdaus Azis di Jakarta, Minggu (23/4/2023).

Firdaus mengatakan dalam mewujudkan kelancaran arus lalu lintas selama pemberlakuan one way, ASTRA Tol Cipali menyiapkan sarana dan prasarana diantaranya 5.000 rubber cone, empat ambahan kendaran derek, 25 redaksi rambu kebutuhan contra flow dan one way, serta water barrier sebanyak 225 buah.

"Tentunya kelancaran, keamanan dan kenyamanan selama arus mudik dan balik di Ruas Tol Cipali tidak akan terwujud tanpa adanya sinergi yang baik dari Korlantas, Dishub, Polda Jabar, Kepolisian Wilayah dan para pengguna jalan," jelasnya.

Di sisi lain, Firdaus mengimbau kepada para pengguna jalan untuk dapat melakukan arus balik lebih awal di untuk menghindari kepadatan selama arus mudik.

"Selama arus mudik dan balik Lebaran 2023 pastikan kondisi kendaraan dan fisik pengemudi dalam kondisi yang prima. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan kendaraan rutin dan cek tekanan ban sebelum melakukan perjalanan," imbaunya.



Baca juga artikel terkait ARUS BALIK 2023 atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Maya Saputri

DarkLight