Arti Nama Lili Diana Mountbatten-Windsor Anak Harry & Meghan Markle

Oleh: Ega Krisnawati - 11 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Arti nama anak Pangeran Harry dan Meghan Markle, Lili Diana Mountbatten-Windsor.
tirto.id - Pangeran Harry dan Meghan Markle dikaruniai anak kedua yang lahir pada hari Jumat (4/6/2021) pukul 11.40 waku setempat dan diberi nama Lili Diana Mounbatten-Windsor.

Anak perempuan dari Harry dan Meghan Markle itu bisa dipanggil dengan sebutan "Lili". Lili dirawat di Rumah Sakit Santa Barbara Cottage di Santa Barbara, CA. Dilansir dari laman Archwell, Lilibet lahir dengan berat 7 pound.

Saat ini baik Meghan, ataupun Lili baik-baik saja dan menetap di rumah. Lantas, apa arti nama "Lili"?

Arti Nama Lili Diana Mountbatten-Windsor


Dikutip laman The Guardian Lili mengacu pada nama panggilan untuk Ratu Elizabeth saat ia masih balita dan belum bisa mengucapkan namanya dengan benar.

Tidak hanya itu, sang kakek, Raja George V, dengan penuh kasih memanggilnya "Lilibet". Panggilan itu meniru upaya Elizabeth untuk mengatakan namanya sendiri.

Kendati begitu Duke dan Duchess mengatakan untuk jangka pendek, anak kedua mereka akan dikenal sebagai "Lili".

Panggilan "Lili" juga menjadi variasi ejaan pada bunga. Umumnya bunga melambangkan kemurnian, komitmen, kelahiran kembali, dan kesuburan.

Sementara nama tengah Lili Diana disematkan untuk menghormati mendiang ibu Harry, Diana, Princess of Wales, yang telah meninggal kecelakaan mobil pada tahun 1997. Kala itu, Harry baru saja berusia 12 tahun.

Kemudian, nama "Diana" berasal dari akar kata Indo-Eropa untuk merujuk pada Yang Ilahi. Nama "Diana" juga dimaknai sebagai dewi kesuburan, persalinan, perburuan, dan bulan Romawi.

Nama itu juga pada nama tengah Putri Charlotte. Dengan demikian, nama "Diana" dijadikan sebagai simbol penghormatan kepada mendiang Diana, Princess of Wales.

Kemudian nama "Elizabeth" adalah nama dari dua Ratu Inggris yang paling lama memerintah dan sukses. Nama ini juga memiliki konotasi agama.

Dalam Alkitab ibu Yohanes adalah Pembaptis dari seorang perempuan bernama Elizabeth. "Elizabeth" berasal dari bahasa Ibrani, yaitu "Elisheba" yang berarti, "Allah adalah sumpahku".

Sementara itu, kakak laki-laki Lilibet, Archie Harrison Mountbatten-Windsor juga memiliki makna dalam namanya. Nama "Archie" yang berarti asli dan singkatan dari makna "pemberani". Sedangkan "Harrison" adalah nama dengan awalnan yang digunakan sebagai nama keluarga, secara harfiah berarti “putra Harry”.

Nama keluarga mereka Mountbatten-Windsor dibuat pada tahun 1960 dengan menggabungkan nama keluarga Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip saat mereka menikah.

Sama seperti Archie, yang tidak diizinkan memiliki gelar kerajaan ketika ia lahir pada tahun 2019, Lili juga tidak diizinkan untuk menjadi seorang putri atau memiliki gelar HRH.


Baca juga artikel terkait HARRY-MEGHAN atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight