Apple Diprediksi Rilis iPhone Lipat di 2023

Oleh: Shanti Dwi Jayanti - 5 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Analis Apple, Ming-Chi Kuo memperkirakan iPhone lipat pertama akan hadir dengan layar OLED fleksibel.
tirto.id - Tren ponsel lipat sepertinya akan ramai di tahun 2023 mendatang. Pasalnya, ada prediksi kalau Apple bakal mengeluarkan foldable iPhone di tahun tersebut.

Prediksi ini datang dari analis Apple, Ming-Chi Kuo. Lebih lanjut, ia memperkirakan iPhone pertama yang bisa dilipat akan hadir dengan layar OLED fleksibel dengan ukuran 8 inci.

Di tahun 2023 nanti, saat perangkat tersebut benar-benar dirilis, Kuo mengestimasikan bahwa target penjualannya mencapai 15 hingga 20 juta unit. Dikutip Gizmodo, jumlah tersebut adalah lompatan besar dari 2,8 juta ponsel lipat yang dijual di tahun 2020. Adapun, 80 persen dari angka tersebut berasal dari Samsung.

Samsung memang dikenal lebih dulu menciptakan ponsel lipat. Selain Samsung, produsen lain juga telah meluncurkan ponsel serupa, yakni Huawei dan Xiaomi.

Kehadiran perangkat dari Apple dikatakan Kuo akan menghapus batasan segmentasi produk antara smartphone, tablet, dan laptop. "Dengan ekosistem lintas produk dan keunggulan desain perangkat keras, Apple akan menjadi pemenang terbesar dari tren perangkat lipat baru," tambah Kuo seperti dilansir Cnet.

Prediksi itu datang dari laporan di bulan Januari bahwa Apple telah memproduksi purwarupa iPhone lipat. Di sini Apple berkerja sama dengan Samsung sebagai pembuat layar OLED.

Prototype iPhone lipat yang dimaksud telah mendapatkan kelulusan uji coba internal dalam hal ketahanan. Penilaian kekuatan ini dilakukan oleh perusahaan Foxconn di Shenzen, Cina. Sebelumnya diperkirakan, iPhone ini akan diluncurkan pada September 2022.

Dalam tes kelulusan kualitas ini, United Daily News (UDN) mengungkapkan, sebenarnya kedua jenis iPhone lipat ini masih sedang dalam masa pengembangan, di mana hanya menggunakan rangka sebagai bahan uji coba, bukan komponen iPhone hidup secara utuh.

Bahkan, di Macrumors juga terungkap, tes dilakukan dengan cara melipat rangka tersebut hingga 100.000 kali dan juga membukanya.

Pendapat ini sebenarnya dapat dikatakan kredibel di mana sudah terdapat berbagai sumber yang menyatakan kehadirannya, terlebih dengan adanya laporan pengujian yang dilakukan perusahaan Foxconn. Pada November 2020, terdapat sebuah laporan mengenai dikirimkannya dua jenis iPhone lipat oleh perusahaan Apple untuk diuji coba di Foxconn.


Baca juga artikel terkait APPLE atau tulisan menarik lainnya Shanti Dwi Jayanti
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Shanti Dwi Jayanti
Penulis: Shanti Dwi Jayanti
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight