Apple Miliki 2 Purwarupa iPhone Lipat, Kapan Akan Dirilis?

Oleh: Yuda Prinada - 6 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Apple sudah miliki purwarupa untuk iPhone lipat, kapan rilis?
tirto.id - Apple dikabarkan telah memiliki dua prototype (purwarupa) untuk iPhone jenis baru yang dapat dilipat. Ponsel lipat ini sudah ada sebelumnya dan telah diluncurkan oleh beberapa merek lain.

Menurut Macrumors yang mengutip Taiwan Economic Daily News, kedua prototype iPhone lipat telah mendapatkan kelulusan uji coba internal dalam hal ketahanan. Penilaian kekuatan ini dilakukan oleh perusahaan Foxconn di Shenzen, Cina. Diperkirakan, iPhone ini akan diluncurkan pada September 2022.

Dalam tes kelulusan kualitas ini, United Daily News (UDN), mengungkapkan, sebenarnya kedua jenis iPhone lipat ini masih sedang dalam masa pengembangan di mana hanya menggunakan rangka sebagai bahan uji coba, bukan komponen iPhone hidup secara utuh.

Bahkan, di Macrumors juga terungkap, tes dilakukan dengan cara melipat rangka tersebut hingga 100.000 kali dan juga membukanya. Pendapat ini sebenarnya dapat dikatakan kredibel di mana sudah terdapat berbagai sumber yang menyatakan kehadirannya, terlebih dengan adanya laporan pengujian yang dilakukan perusahaan Foxconn.

Pada November 2020, terdapat sebuah laporan mengenai dikirimkannya dua jenis iPhone lipat oleh perusahaan Apple untuk diuji coba di Foxconn.

Jenis atau prototype pertama, sama seperti ungkapan Jon Prosser pada Juni 2020, dibuat dengan model layar ganda menggunakan dua panel layar terpisah yang dihubungkan dengan engsel agar bisa membuka-tutup. Secara sederhana, bentuknya menyerupai buku seperti merek Samsung Galaxy Fold.

Diwartakan Antaranews, prototype kedua yang telah menjalani pengujian, dilaporkan memiliki bentuk mirip dengan Samsung Galaxy Z Flip dan Lenovo Moto Raze. Bentuknya menyerupai ponsel flip yang saat dilipat layarnya berada di dalam.

Tercatat dalam situs Apple Insider yang mengutip pendapat UDN, ponsel lipat yang ada dua jenis ini akan dievaluasi kembali untuk mendapatkan salah satunya saja.

Menurut rumor yang beredar, pengujicobaan serta tes yang dilakukan pihak Apple untuk menciptakan ponsel lipat sudah dilakukan selama bertahun-tahun untuk mendapatkan hasil yang paling sempurna.

Macrumors dengan gamblang menerangkan, pengerjaan tersebut sudah berlangsung sejak 2016. Jadi, kemungkinan hingga saat ini prototype iPhone lipat masih dalam proses pengembangan.

Selain kabar perkembangan ini, kemunculan serta pendistribusiannya telah diprediksi oleh UDN. Media tersebut mengungkapkan, iPhone lipat akan meluncur pada 2022 atau 2023. iPhone lipat akan hadir dalam pasar dunia dan tidak akan terbit lebih cepat dari kedua waktu tersebut.


Baca juga artikel terkait APPLE atau tulisan menarik lainnya Yuda Prinada
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight