tirto.id - Sejumlah warga mengeluhkan soal aplikasi KAI Access yang mengalami gangguan pada Rabu (4/1/2024). Keluhan warga kemudian viral di media sosial Twitter/X.
Salah satu akun Twitter @vjstce_ mencuitkan bahwa gangguan KAI Access yang dialaminya berupa tak bisa memesan tiket kereta. Aplikasi KAI Access hanya menunjukkan laman menunggu.
Melalui cuitan itu, akun Twitter @vjstce_ turut menandai akun PT KAI Indonesia, @KAI121, selaku pengelola aplikasi KAI Access.
“@KAI121 min kai access lagi error ya? daritadi mau pesen malah loading terus," demikian cuitan akun Twitter @vjstce_.
Menanggapi keluhan warga, VP Public Relations PT KAI Indonesia, Joni Martinus, menyebutkan bahwa gangguan KAI Access terjadi karena kendala jaringan.
“Hal tersebut disebabkan karena kendala jaringan sehingga berimbas pada pemesanan tiket online," ucapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (4/1/2024).
Ia mengatakan, tim IT dari PT KAI Indonesia telah melakukan perbaikan aplikasi KAI Access. Perbaikan yang dilakukan berupa peningkatan kualitas pelayanan dengan penambahan kapasitas, redundacy jaringan dan peningkatan keamanan aplikasi.
Menurut Joni, aplikasi KAI Access sudah bisa digunakan oleh warga mulai pukul 08.30 WIB. Dengan demikian, warga sudah bisa kembali membeli tiket kereta secara online.
“Saat ini, penjualan tiket online sudah berangsur normal dan pemesanan tiket secara online sudah bisa kembali dilakukan," tutur dia.
Penulis: Muhammad Naufal
Editor: Abdul Aziz