Menuju konten utama

Apakah Tahun 2024 Ada Pendaftaran CPNS dan PPPK?

Benarkah akan ada pembukaan CPNS dan PPPK di tahun 2024, dan apa saja daftar formasi yang dibutuhkan untuk CPNS dan PPPK 2024?

Apakah Tahun 2024 Ada Pendaftaran CPNS dan PPPK?
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon PNS dan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Non Guru di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/9/2021). ANTARA FOTO/Maulana Surya/aww.

tirto.id - Pada 2024, pendaftaran seleksi CASN (Calon Aparatur Sipil Negara), yaitu CPNS dan PPPK akan dibuka kembali. Jadi bagi para pelamar seleksi CASN yang gagal pada 2023 ini bisa menantikan pembukaan pendaftaran pada periode berikutnya.

Pada 2024, pendaftaran seleksi CASN akan dibuka kembali untuk berbagai formasi, terutama untuk para fresh graduate atau lulusan baru. Selain itu, proses seleksi CASNuntuk 2024 juga dipastikan akan transparan dan bersih dari orang dalam.

Formasi CASN 2023 Tahun 2024

Pada 2024, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan membuka lowongan untuk CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) sekitar 1,3 juta formasi.

Perhitungan ini didasarkan pada sisa formasi 2023, pada jumlah ASN yang pensiun pada 2024, dan yang terakhir didasarkan pada jumlah kebutuhan ASN di lapangan.

Formasi CASN 2024 ini akan ditempatkan pada instansi pemerintah, baik itu kementerian, lembaga, ataupun pemerintah daerah.

Hingga kini pemenuhan formasi ASN belum optimal, karena sejumlah instansi tidak mengusulkan formasi. Sejumlah pemda juga belum mengoptimalkan usulan formasi ASN.

Akibatnya, banyak fresh graduate mengeluhkan tidak bisa melamar karena usulan dari kementerian, lembaga, dan pemda belum optimal.

Kuota CPNS 2024 untuk Fresh Graduate Diperbanyak

Melihat fakta ini, pemerintah akhirnya akan membuka kuota seleksi CASN 2024, termasuk seleksi CPNS dan PPPK, lebih banyak untuk para fresh graduate atau lulusan baru.

Keputusan untuk membuka kuota CPNS 2024 lebih banyak bagi fresh graduate bukan semata karena ingin mengatasi masalah pengangguran. Namun, menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas, karena ingin mendapatkan talenta yang memiliki keahlian paling mutakhir. Sehingga diharapkan bisa mendukung upaya reformasi birokrasi pemerintah.

Salah satu formasi ASN yang cukup mendesak adalah pada bidang teknologi informasi. Kebutuhan ini sesuai dengan fokus pemerintah agar dapat semakin memperkuat keamanan siber secara nasional.

Selain, bidang teknologi dan informasi, formasi ASN yang sangat dibutuhkan oleh pemerintah adalah orang-orang yang berbakat, dan piawai dengan berbagai urusan kepariwisataan nasional.

Bidang kepariwisataan memang sedang digenjot oleh pemerintah, karena saat ini pemerintah sedang fokus menggarap lima destinasi wisata super prioritas. Permasalahannya, hingga kini, SDM (Sumber Daya Manusia) yang ada masih sangat terbatas.

Kebutuhan pemerintah yang mendesak akan ASN-ASN muda yang terampil dan mumpuni di bidangnya ini, membuat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bersiap diri membuka kesempatan bagi para anak muda Indonesia yang baru saja lulus atau fresh graduate, untuk mengisi formasi ASN pada periode 2024.

Baca juga artikel terkait CPNS 2024 atau tulisan lainnya dari Lucia Dianawuri

tirto.id - Sosial budaya
Kontributor: Lucia Dianawuri
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Nur Hidayah Perwitasari