Menuju konten utama

Apa Saja Macam-macam Otot Manusia Beserta Ciri dan Fungsinya?

Otot berfungsi untuk membantu pergerakan tulang dan sendi yang akan menghasilkan kontraksi.

Apa Saja Macam-macam Otot Manusia Beserta Ciri dan Fungsinya?
Ilustrasi Nyeri Otot. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Tubuh manusia terdiri dari jaringan otot dengan 35 hingga 40 persen massa tubuh. Otot merupakan salah satu penggerak pada tubuh manusia atau disebut alat gerak aktif.

Adanya otot berfungsi untuk membantu pergerakan tulang dan sendi yang akan menghasilkan kontraksi. Kontraksi inilah yang mengakibatkan anggota tubuh dapat bergerak.

Otot dapat membesar dan mengecil bergantung pada pergerakan tubuh. Diameter tangan menjadi lebih pendek karena otot pada lengan terjadi kontraksi, sehingga terlihat membesar. Sebaliknya pada saat otot relaksasi atau tidak melakukan gerakan maka otot terlihat lebih kecil.

Berdasarkan cara kerja otot manusia terbagi atas otot sadar dan tidak sadar. Keduanya dibedakan dari cara tubuh mengontrol gerakan.

Otot sadar dapat dikendalikan oleh otak karena sifatnya sadar, sedangkan otot tidak sadar tidak dapat dikendalikan oleh otak. Oleh karena itu, otot tidak sadar otomatis bekerja selama tubuh masih hidup.

Letaknya yang berada di dalam tubuh membuat otot tidak terlihat secara kasat mata, padahal otot memiliki beragam jenis dan fungsi.Zubaidahdalam buku Ilmu Pengetahuan Alam membagi otot manusia menjadi 3 jenis yaitu,

Macam-macam Otot Manusia

Manusia memiliki beragam otot dengan fungsi masing-masing yaitu,

1. Otot Rangka

Otot rangka merupakan otot dengan jumlah terbanyak dibandingkan dua otot lainnya di dalam tubuh manusia. Otot ini juga disebut otot lurik dikarenakan bentuknya yang garis-garis melintang.

Berdasarkan cara kerja, otot rangka tergolong otot sadar, otot rangka merupakan otot yang dapat dikendalikan oleh tubuh, misalnya menulis, makan, berlari, maupun aktivitas lain yang dapat dilakukan secara sadar.

Tendon merupakan perantara perekat antara otot dengan tulang yang berupa pita tebal, berserabut, serta liat. Tanpa adanya tenton, maka otot tidak dapat merekat pada tulang.

2. Otot Polos

Otot polos merupakan jenis otot yang tergolong tidak sadar berdasarkan cara kerjanya. Sehingga kerja otot ini tidak dapat dikendalikan oleh tubuh manusia.

Selama manusia hidup maka otot polos akan bekerja secara otomatis. Disebut otot polos karena bentuknya seperti gelendong yang memiliki inti di setiap selnya. Otot ini ditemukan pada dinding lambung, usus halus, rahim, kantung empedu, dan pembuluh darah.

3. Otot Jantung

Otot jantung berdasarkan cara kerjanya merupakan jenis otot tak sadar atau tidak dapat dikontrol oleh tubuh manusia. Otot ini hanya ditemukan pada bagian jantung.

Berdasarkan bentuknya seperti otot rangka yang memiliki garis-garis. Namun, cara kerja mirip otot polos. Kerja otot ini yaitu berkontraksi sebanyak 70 kali permenit selama tubuh manusia masih berdetak.

Ciri-ciri Otot Manusia

Berdasarkan jenis otot yang telah dijelaskan masing-masing memiliki ciri yang berbeda. Dikutip dariSumberBelajar Kemendikbud, ciri-ciri otot manusia terbagi menjadi 3 jenis, yaitu,

1. Otot Rangka

Otot rangka terdapat pada lengan, kaki dan bagian tubuh yang dapat dikontrol oleh tubuh dengan ciri-ciri:

a. Bentuk silindris, memanjang

b. Terdapat garis melintang/lurik yang tersusun

c. Terdapat banyak inti sel

d. Cara kerja otot sadar atau dapat dikendalikan oleh otak

2. Otot Polos

Otot ini tidak dapat dirasakan secara sadar oleh manusia karena otomatis bekerja selama tubuh masih hidup dengan ciri-ciri:

a. Bentuk gelondong dengan kedua ujung runcing dan bagian tengah menggelembung

b. Tidak memiliki garis melintang/lurik

c. Hanya terdapat satu inti sel

d. Cara kerja otot tak sadar atau tidak dapat dikendalikan

3. Otot Jantung

Berbeda dengan otot rangka dan polos, otot ini hanya ditemukan di jantung atau disebut otot spesial dengan ciri:

a. Memiliki struktur berselang-seling seperti otot rangka

b. Terdapat banyak sel

c. Cara kerja otot jantung tidak sadar atau tidak dapat dikendalikan

d. Disebut otot spesial karna bentuk seperti otot rangka, sedangkan cara kerja seperti otot polos.

Baca juga artikel terkait OTOT atau tulisan lainnya dari Wulandari

tirto.id - Pendidikan
Penulis: Wulandari
Editor: Wulandari