tirto.id - Pengumuman hasil seleksi berkas atau seleksi administrasi mulai dilakukan sejak kemarin Senin (2/8/2021) sampai hari ini Selasa (3/8/2021).
Pengumuman tersebut dapat diakses melalui akun resmi SSCASN yang digunakan untuk mendaftar CPNS 2021, selain itu juga dapat diakses melalui laman resmi instansi yang membuka pendaftaran CPNS 2021.
Bagi peserta yang lulus seleksi administrasi otomatis akan mengikuti tahapan selanjutnya, yaitu seleksi kompetensi dasar (SKD) kemudian seleksi kompetensi bidang (SKB).
Namun, bagi pelamar yang dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi CPNS 2021 tetapi sudah merasa memenuhi seluruh persyaratan daftar CPNS 2021 maka Anda bisa melalukan sanggah selama masa sanggah CPNS 2021.
Melansir laman SSCASN, masa sanggah adalah periode pelamar dapat melakukan sanggah terhadap pengumuman hasil seleksi, baik seleksi administrasi, SKD, maupun SKB.
Masa sanggah juga memuat waktu bagi instansi untuk melakukan verifikikasi dan mengambil keputusan dari sanggah yang diajukan. Pengajuan sanggah oleh pelamar dapat dilakukan selama tiga hari kalender setelah hasil seleksi diumumkan.
Sementara, hasil sanggah oleh instansi wajib diumumkan paling lama tujuh hari kalender setelah berakhirnya periode pengajuan sanggah. Pelamar yang dinyatakan lulus setelah pengumuman sanggah, maka dapat mengikuti tahap selanjutnya, yaitu seleksi SKD dan SKB.
Cara Mengajukan Sanggah Seleksi Administrasi CPNS 2021
Setiap tahapan seleksi CPNS 2021 memuat periode atau masa sanggah. Jadwal masa sanggah terdekat adalah tanggal 4 sampai 6 Agustus 2021, yaitu masa sanggah seleksi administrasi. Berikut jadwal tahapan masa sanggah seleksi administrasi CPNS 2021.
2-3 Agustus 2021 : Pengumuman hasil seleksi administrasi
4 - 6 Agustus 2021 : Masa pengajuan sanggah oleh pelamar
4-13 Agustus 2021 : Jawab sanggah oleh instansi
15 Agustus 2021 : Pengumuman pasca-sanggah
Pengajuan sanggah hanya ditunjukkan bagi pelamar yang belum lulus tahapan seleksi CPNS, baik seleksi administrasi maupun SKD dan SKB. Sama dengan prosedur pendaftarannya, pengajuan sanggah dilakukan secara online melalui SSCASN.
Untuk sanggah seleksi administrasi, dokumen-dokumen yang dibutuhkan adalah data pelamar saat awal mendaftar di SSCASN 2021. Berikut tata cara pengajuannya:
1. Pelamar melakukan login di laman https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login
2. Pelamar mengisikan sanggahan dengan menjabarkan kronologis
3. Pelamar mengunggah bukti-bukti pendukung yang diperlukan
Instansi akan mengumumkan ulang hasil seleksi paling lama tujuh hari kalender setelah berakhirnya waktu pengajuan sanggah.
Pelamar yang mengajukan sanggah apabila sanggahnya diterima maka bisa lanjut melakukan cetak Kartu Ujian untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).
Editor: Iswara N Raditya