Anies Baswedan Jadi Anggota Kehormatan Komando Nasional Menwa

Reporter: Riyan Setiawan - 2 Nov 2021 14:32 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Anies Baswedan diangkat menjadi anggota kehormataan Komando Nasional Resimen Mahasiswa (Menwa) Indonesia.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diangkat menjadi anggota kehormataan Komando Nasional Resimen Mahasiswa (Menwa) Indonesia. Hal tersebut dibarengi dengan Pelantikan Danmenwa beserta Staf Komando Resimen Mahasiswa Jayakarta Periode 2021-2024 di Balai Kota, Selasa (2/11/2021).

Anies mengungkapkan rasa terima kasih dan berharap agar Menwa semakin maju ke depan.

“Menjadi kehormatan bagi kami [pengangkatan anggota kehormatan]. Ini adalah sebuah amanat dan semoga bisa interaksi lebih banyak di lingkar Menwa. Kita menyadari ancaman ke depan bervariasi tetapi kita punya kecintaan terhadap negeri ini. Insya Allah Menwa kecintaannya pada negeri amat besar,” kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (2/11/2021).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu menyebut bahwa Menwa dapat menjadi wahana untuk menumbuhkembangkan potensi kepemimpinan mahasiswa.

“Menwa bukan mengantisipasi masalah saat ini, tetapi tempatkan Menwa sebagai wahana menyiapkan kepemimipinan di masa depan. Di tempat ini ditempa, ditumbuhkan potensi kepemimpinan, menjadi tangguh pribadi dan memberikan manfaat bagi semua,” ucapnya.

Anies sendiri merasakan bagaimana hasil pelatihan kepemimpinan Menwa. Pasalnya, partnernya di pemerintahan saat ini, yakni Wakil Gubernur Ariza merupakan anggota Menwa dan kini menjadi Komandan Batalyon 15 Menwa Jayakarta.

“Dalam menjalankan amanat di Jakarta, kami bisa saling support dan topang. Sehingga hal itu membuat soliditas di puncak kuat dan baik, maka itu akan diturunkan ke seluruh jajaran ke bawah dengan baik juga,” jelasnya.

Sementara itu, Wagub Riza Patria menyampaikan apresiasi yang tinggi atas eksistensi dan kiprah Menwa Jayakarta selama ini, khususnya di masa pandemi COVID-19 yang sudah hampir dua tahun.

"Bisa dikatakan, hampir tidak ada minggu yang tidak dilalui dengan kegiatan di lingkungan warga Jakarta, baik itu terkait donor darah, bansos, atau pun gerakan vaksinasi," tuturnya.


Baca juga artikel terkait MENWA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Abdul Aziz

DarkLight