Anies Baswedan & Ganjar Pranowo Bertemu di Sela Ibadah Haji

Reporter: Fransiskus Adryanto Pratama, tirto.id - 27 Jun 2023 11:40 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo bertemu di sela-sela ibadah haji di Makkah. Keduanya nampak ditemani eks Ketum PPP Suharso Monoarfa.
tirto.id - Bakal calon presiden Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo bertemu di sela-sela ibadah haji di Arab Saudi pada Senin (26/6/2023). Pertemuan keduanya terungkap dalam foto yang beredar di media sosial.

Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra membenarkan informasi pertemuan kedua tokoh itu. Menurut dia pertemuan Anies dan Ganjar tidak direncanakan.

"Itu makan siang bareng, sebelahan meja di Mina Hospitality Palace. Fasilitas kerajaan di Mina," kata Herzaky saat dikonfirmasi reporter Tirto, Selasa (27/6/2023). "Bukan pertemuan yang direncanakan ketika sebelum berangkat."

Dalam keterangan terpisah, Sekretaris Tim Koordinasi Relawan Pemenangan untuk Ganjar Pranowo, Deddy Sitorus ikut menginformasikan pertemuan Anies dan Ganjar di Tanah Suci.

"Iya benar," kata Deddy kepada reporter Tirto, Selasa.

Deddy memastikan pertemuan Anies dan Ganjar tidak direncanakan, tetapi tidak terhindarkan karena mereka melakukan ibadah haji saat yang bersamaan.

"Tidak membicarakan apa-apa karena sedang melaksanakan ibadah haji. Jadi, ada banyak orang saat bertemu," tutur politikus PDI Perjuangan itu.

Juru Bicara PKS, Ahmad Mabruri ikut memberikan informasi adanya pertemuan Anies dan Ganjar di sela ibadah haji di Arab Saudi. Namun, tak mengetahui isi pembicaraan kedua tokoh itu.

"Iya ada fotonya bertemu pak ganjar dan Pak Suharso. [Isi pembicaraan] Kurang tahu saya," tutur Mabruri kepada Tirto.

Berdasarkan foto yang diterima Tirto, tampak keluarga besar Anies dan Ganjar berfoto bersama. Selain Anies dan Ganjar, tampak istri Ganjar, Siti Atiqoh dan Istri Anies, Ferry Farhati bersama anak-anaknya ikut berpose bersama.

Di sisi lain, Kepala Bappenas yang juga Mantan Ketum PPP, Suharso Monoarfa terlihat membersamai Anies dan Ganjar. Mereka tampak mengenakan baju ihram.

Sekadar informasi, Anies Baswedan diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang merupakan kerja sama antara Nasdem, Demokrat, dan PKS. Adapun Ganjar diusung PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo.

Nama Anies turut disorot ketika Politikus PDIP, Adian Napitupulu memperkirakan ada bakal calon presiden (bacapres) yang suaranya akan terpecah atau tergerus habis.

Adian menyebut tidak menutup kemungkinan jika suara Anies yang bakal tergerus. Hal ini lantaran suaranya akan terbagi ke Ganjar dan Prabowo

"(Anies?) sepertinya iya. Ada sebagian kembali ke Prabowo. Ada sebagian kembali ke Ganjar yang memang bagian dari suara Jokowi kemarin," kata Adian.

Ketua DPP Partai NasDem Effendy Choirie alias Gus Choi mengatakan hal itu hanyalah sebuah mimpi dari Adian dan PDIP.

"Mungkin mimpi Adian dan kelompoknya begitu," kata Gus Choi saat dihubungi reporter Tirto, Senin (26/6/2023).


Baca juga artikel terkait PERTEMUAN ANIES DAN GANJAR atau tulisan menarik lainnya Fransiskus Adryanto Pratama
(tirto.id - Politik)

Reporter: Fransiskus Adryanto Pratama
Penulis: Fransiskus Adryanto Pratama
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight