Amien Rais Tak Sandang Gelar Profesor Sejak Pensiun 20 Tahun Lalu

Oleh: Irwan Syambudi - 27 Mei 2019
Rektor UGM Profesor Panut Mulyono mengatakan bahwa Amien Rais sudah pensiun dini dari UGM sejak 20 tahun lalu, sehingga gelar profesor yang disandangnya sudah hilang sejak saat itu.
tirto.id - Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Profesor Panut Mulyono mengatakan bahwa Amien Rais sudah pensiun dini dari UGM sejak 20 tahun lalu, sehingga gelar profesor yang disandangnya sudah hilang sejak saat itu.

"[Amien Rais pensiun] sejak 1 Mei 1999 atas permintaan sendiri. Kan beliau aktif di partai sehingga terus atas permintaan sendiri pensiun dini istilahnya, karena belum berusia 70 tahun," kata Panut saat dihubungi reporter Tirto, Senin (27/5/2019).

Amien Rais yang sebelumnya mendapatkan jabatan akademik profesor, guru besar di bidang ilmu politik sudah tidak berlaku sejak saat itu.

Ketua Dewan Guru Besar UGM, Profesor Koentjoro mengatakan jabatan akademik yang disandang seseorang akan hilang ketika ia sudah pensiun atau mengundurkan diri. Jabatan akademik, kata dia, tidak dapat dibawa terus ketika ia sudah tidak lagi menjabat.

"Kalau beliau itu pegawai negeri, seorang dosen kalau sudah pensiun maka jabatannya juga hilang," kata Koentjoro.

Ia mencontohkan jabatan militer, jika ia seorang jenderal ketika pensiun maka dia tidak lagi jenderal tapi purnawirawan jenderal. Begitu juga dengan profesor ketika pensiun maka tidak lagi profesor.

"Kalau profesor pensiun ditulisankannya profesor dalam kurung retired. Harus ada penjelasan. Dulu ada seperti itu tapi sekarang tidak diakui lagi pemerintah. Tapi boleh digunakan untuk membedakan mana yang aktif dan mana yang tidak aktif," katanya.



Baca juga artikel terkait AMIEN RAIS atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Maya Saputri
DarkLight