Amien Rais Pesimistis dengan Nasib Gugatan BPN ke MK

Oleh: Addi M Idhom - 24 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Amien Rais mengaku pesimistis gugatan BPN Prabowo-Sandi yang diajukan ke MK bisa mengubah keadaan.
tirto.id - Amien Rais mengaku pesimistis dengan nasib gugatan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, terkait sengketa hasil Pilpres 2019, yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Hari ini saya kira sudah turun ke MK, dan kita lihat bagaimana, walaupun MK, saya pesimis akan mengubah keadaan," kata Amien, di Markas Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (24/5/2019) seperti dikutip Antara.

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut menyatakan hal ini usai menjalani pemeriksaan di Ditreskrimum Polda Metro Jaya sebagai saksi dalam kasus dugaan makar dengan tersangka Eggi Sudjana.

Menurut Amien Rais, BPN Prabowo-Sandiaga tidak mengakui hasil Pilpres 2019 yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Gugatan diajukan oleh BPN ke MK, kata dia, karena terpaksa.

"Sesungguhnya kami tahu, BPN ini enggak mengakui [hasil pilpres] ya, tetapi kita dipaksa oleh jalur hukum dan tidak bisa tidak, dan [diminta] kalau enggak mengakui, silakan ke MK," kata dia.

Anggota Dewan Pengarah BPN tersebut mengatakan ada dugaan kecurangan yang terstruktur dan masif di Pilpres 2019.

"Kalau sampai terjadi kecurangan atau kejahatan pemilu yang bersifat terstruktur, masif dan sistematik, maka tentu kita enggak perlu lagi mengakui hasil KPU itu," ujar Amien.

"Dan [terhadap] hasil Pemilu 2019 ini saya kecewa, tapi enggak bisa apa-apa," tambahnya.

Tim Kuasa Hukum BPN Prabowo-Sandi resmi mendaftarkan gugatan sengketa Pilpres 2019 ke MK pada Jumat malam, pada sekitar pukul 22.48 WIB.

Pendaftaran itu dilakukan oleh Tim Kuasa Hukum BPN Prabowo-Sandi yang diketuai oleh Bambang Widjojanto dan penanggung jawab tim itu, Hashim Djojohadikusumo.



Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Politik)

Sumber: Antara
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Addi M Idhom
DarkLight