Allianz Peduli Lingkungan Lewat Program CSR Bank Sampah Gusling

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 24 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Allianz Indonesia konsisten menggelar program CSR Bank Sampah Gusling (Guntur Sadar Lingkungan).
tirto.id - Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli bersama dengan masyarakat di sekitar Kelurahan Guntur, Jakarta Selatan, pada 2016 lalu membangun sistem pengelolaan sampah terpilah melalui program bank sampah sebagai salah satu dari rangkaian kegiatan program CSR dari pilar Bencana dan Lingkungan.

Allianz Indonesia memfasilitasi diadakannya pelatihan pilah sampah, komposting dan manajemen bank sampah serta membentuk kepengurusan bank sampah.

Pembentukan Bank Sampah Gusling (Guntur Sadar Lingkungan) ini bertujuan membantu masyarakat sekitar Kelurahan Guntur mengurangi penumpukan sampah dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih sehingga masyarakat dapat hidup lebih sehat.

Sejak tahun 2018, Allianz Indonesia terus berkomitmen untuk mendukung program Bank Sampah Gusling dengan melakukan inisiatif kegiatan penimbangan sampah di Allianz Tower yang melibatkan karyawan, agen, dan petugas kebersihan yang bekerja di gedung kantor pusat Allianz Indonesia.

Kegiatan penimbangan sampah di Allianz Tower yang diprakarsai oleh tim CSR Allianz Indonesia ini bekerja sama dengan pengurus Bank Sampah Gusling, melibatkan karyawan sebagai volunteer yang membantu proses penimbangan dan pemilahan jenis sampah anorganik yang ditabung oleh nasabah.

Puluhan karyawan telah berpartisipasi sebagai volunteer untuk mendukung kegiatan ini berjalan dengan baik.

“Sebagai bentuk kepedulian Allianz Indonesia terhadap kelestarian lingkungan, kami secara rutin menggelar penimbangan sampah di Allianz Tower yang melibatkan seluruh pihak, baik internal perusahaan maupun masyarakat sekitar. Bukan hanya penimbangan sampah, kami juga terus memberikan edukasi memilah dan mengelola sampah dari rumah," ungkap Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli, dalam rilis yang diterima Tirto, (Selasa (24/3/2020).

Ia menambahkan, "Tujuan kami adalah mengajak lebih banyak lagi masyarakat untuk mengelola sampah, mulai dari sampah yang dihasilkan sendiri/rumah tangga, sehingga dapat mengurangi volume sampah yang ditimbun ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA)."

Sepanjang tahun 2019, jumlah timbangan sampah (serapan sampah) yang telah disetorkan oleh nasabah dari kegiatan Penimbangan Sampah di Allianz Tower adalah sebanyak 3.913 kg, atau sebesar 49% dari total serapan sampah yang diperoleh Bank Sampah Gusling secara keseluruhan sebanyak 7.925,20 kg. Jumlah nasabah sendiri juga terus bertambah hingga saat ini berjumlah 239 orang.

Sejak penimbangan pertama kali di Allianz Tower pada Februari 2018 sampai dengan Desember 2019, penimbangan sampah di Allianz Tower berhasil mengumpulkan tabungan nasabah sebesar Rp7.769.462 atau 32.5% dari total tabungan nasabah Bank Sampah Gusling sebesar Rp23.847.156,80.

“Hasil timbangan sampah yang terkumpul merupakan hasil kontribusi karyawan Allianz Indonesia, agen, petugas kebersihan di Allianz Tower serta masyarakat di sekitar Kelurahan Guntur. Ke depannya, kami akan terus berpartisipasi secara aktif dalam mendukung kegiatan Bank Sampah Gusling serta kegiatan pelestarian lingkungan lainnya,” tambah Made.


Baca juga artikel terkait ALLIANZ INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Bisnis)

Sumber: Siaran Pers
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight