Alasan TKN Soal Penyebab Ma'ruf Tak Ikut Pertemuan Timses & Jokowi

Oleh: Felix Nathaniel - 2 Mei 2019
TKN menyatakan Ma'ruf Amin sedang di luar kota sehingga tidak menghadiri pertemuan antara Jokowi dengan sejumlah anggota tim pemenangan paslon 01 pada 28 April lalu.
tirto.id - Pertemuan tertutup antara sejumlah petinggi Tim Kampanye Nasional (TKN) paslon 01 dengan Joko Widodo pada Minggu lalu (28/4/2019) tidak dihadiri oleh Ma'ruf Amin.

Juru Bicara TKN, Ace Hasan Syadzily mengatakan Ma'ruf Amin tidak hadir di pertemuan itu karena acara digelar mendadak. Menurut dia, ketidakhadiran Ma'ruf di pertemuan itu tidak disebabkan oleh ketegangan di internal kubunya.

"Acara mendadak. Ma'ruf Amin ada di luar kota," kata Ace kepada wartawan, di Jakarta pada Kamis (2/5/2019).

"Enggak ada. Masa ada renggang. Ngarang saja. Renggang dari mana? Enggak lah. Kita bersama-sama semua," dia menambahkan


Setelah pencoblosan, Ma'ruf memang berkumpul bersama Jokowi dan tim pemenangan. Setelahnya, keduanya belum diketahui bertemu lagi.

Sedangkan Wakil Sekretaris TKN Verry Surya Hendrawan mengklaim pertemuan Jokowi dengan sejumlah anggota tim pemenangannya itu tidak membahas tema krusial.

"Jadi kemarin kami cuma bicara bahwa ke depan dalam waktu dekat ini kan menyambut bulan suci Ramadhan apa yang bakal kami fokuskan," kata Verry.

"Kami mengambil kebijakan yang pertama ya tidak membuat statement yang memperkeruh suasana, kemudian merangkul semua pihak," tambah dia.

Verry mengakui Jokowi tidak mengundang Ma'ruf Amin. Namun dia mengaku ada perwakilan Ma'ruf yang datang.

"Awalnya kan hanya para sekjen [partai koalisi] yang dikumpulkan, tapi kemudian ada perubahan supaya agak lebih luas ada beberapa direktur dan juru bicara yang diundang," jelasnya.

"Bukan tak ada representasi Ma'ruf Amin di situ. Ada," dia menegaskan.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Addi M Idhom