Menuju konten utama

Ada Midnight Sale & Diskon 70% saat Nataru di Bina Diskon 2024

Panitia Bina Diskon 2024 menyebut beberapa brand sudah bersedia ikut dan diskon yang diberikan dalam bentuk beragam kategori.

Ada Midnight Sale & Diskon 70% saat Nataru di Bina Diskon 2024
Ketua Pelaksana Bina Diskon, Fetty Kwartati dalam konferensi pers Bina Diskon di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (16/12/2024). tirto.id/Nabila Ramadhanty Putri Darmadi.

tirto.id - Kementerian Perdagangan RI bersama Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) menggelar acara Belanja di Indonesia Aja (Bina) Diskon 2024 yang akan menawarkan diskon-diskon spesial menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024-2025.

Ketua Pelaksana Bina Diskon, Fetty Kwartati, mengatakan, nilai diskon yang ditawarkan sangat beragam dalam kegiatan Bina Diskon 2024, yakni dengan nilai tertinggi sebesar 70 persen.

“Kami juga sudah terima beberapa brand yang mendaftarkan programnya, ada yang diskon 70 persen, 54 persen, ada yang buy one-get-one free, bahkan di midnight sale ini biasanya banyak sekali diskon-diskon yang menarik yang ditawarkan, Jadi memang rentang diskonnya bisa disesuaikan per masing-masing kategori,” ujar Fetty dalam Konferensi Pers BINA Diskon 2024 di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (16/12/2024).

Fetty berharap kegiatan Bina Diskon 2024 dapat mendorong daya beli masyarakat. Hal ini tidak terlepas beberapa waktu ke belakang terjadi penurunan terhadap daya beli masyarakat. Oleh karena itu, dia menilai penting memanfaatkan momen akhir tahun ini untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

“Rentang diskonnya disesuaikan masing-masing toko, yang jelas harus sangat menarik sehingga ini menjadi momen yang dinantikan seluruh masyarakat indonesia,” ujar Fetty.

Dia menambahkan, adapun dalam kegiatan BINA Diskon ini tidak hanya menampilkan produk-produk dalam negeri, tetapi juga UMKM produk brand global. Fetty menekankan, program ini diadakan dengan tujuan untuk mendukung retail dan semua pusat perbelanjaan sehingga dapat mengoptimalkan penyerapan produk lokal di pasar Indonesia.

Secara rinci, Fetty menyebut program ini terbagi menjadi dua, antara lain yang pertama program belanja di mal atau di pusat perbelanjaan yang meliputi produk global, produk lokal maupun juga produk UMKM. Kedua, belanja di night market atau pasar malam.

“Ini pun juga dikerjasamakan dengan Pemprov DKI sehingga Indonesia juga punya seperti negara lain, ada night market seperti di Thailand, Korea ataupun Eropa, di akhir tahun mereka punya night market yang bisa dikunjungi oleh semua masyarakat dan dinantikan,” kata Fetty.

Fetty pun berharap acara Bina Diskon menjadi acara tahunan yang tepat untuk menyambut Nataru. Dia menilai transaksi sepanjang Nataru dapat berkontribusi hingga 20 persen sepanjang tahun.

“Nah kemudian kontribusi dari Nataru, ini kalau kita bicara historical data, biasanya setiap nata tahun baru ini, porsinya bisa sampai 10 persen sampai 20 persen sendiri,” ungkap Fetty.

Dia juga membidik melalui BINA Diskon, maka dapat mendapatkan kontribusi nilai transaksi selama Nataru 2024/2025 hingga 30 persen atau senilai Rp22 triliun. Artinya, nilai transaksi dalam BINA Diskon ditargetkan setara dengan permintaan sepanjang Ramadan dan Idul Fitri 2024.

“Nah mudah-mudahan dengan adanya program Bina Diskon ini, ini bisa menjadi lebih besar lagi, karena program ini memang digelar di penghujung tahun,” ucap Fetty.

Sebagai informasi, Bina Diskon akan diselenggarakan mulai tanggal 20 hingga 29 Desember 2024, mulai dari F&B, cafe, restoran, department store, specialty store, elektronik, gadget, termasuk supermarket, arena permainan, salon dan semua retail yang ada di mal maupun luar mal. Adapun diskon yang ditawarkan bakal menyesuaikan per kategori toko.

Fetty menyebut target peserta untuk tahun 2024 ini sekitar 380 perusahaan di 80 ribu gerai di seluruh Indonesia, dengan kurang lebih terdapat 800 brand yang rencananya dikelola 380 perusahaan di 396 mal yang tersebar di 24 provinsi.

Baca juga artikel terkait NATARU atau tulisan lainnya dari Nabila Ramadhanty

tirto.id - Bisnis
Reporter: Nabila Ramadhanty
Penulis: Nabila Ramadhanty
Editor: Andrian Pratama Taher