9 Caketum PSSI Bersatu, Dirikan Posko Pemenangan di Lokasi Kongres

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 1 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Kesembilan caketum tersebut membuka diri apabila ada voters yang hendak berkunjung menanyakan visi misi mereka atau mendeklarasikan dukungan.
tirto.id - Minimnya bantuan dari Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) PSSI untuk memfasilitasi sosialisasi visi misi kandidat kepada voters, bikin sembilan calon ketua umum (caketum) yang tergabung dalam wadah "PSSI Baru Menuju Perubahan" mendirikan posko bersama di Hotel Shangri-La Jakarta, lokasi kongres PSSI.

Di posko ini, kesembilan caketum tersebut membuka diri apabila ada voters yang hendak berkunjung menanyakan visi misi mereka atau mendeklarasikan dukungan.

"Kami bersama-sama akan mendeklarasikan posko bersama. Bukan poskonya Vijai, bukan posko saya, bukan poskonya salah satu calon, tapi posko kami bersembilan. Untuk kami menyusun agar kongres berjalan bersih," tutur Fary Djemi Francis, salah seorang caketum di FX Sudirman, Jumat (1/11/2019) siang.

Kesembilan caketum yang tergabung dalam wadah ini adalah Fary Djemi Francis, Vijaya Fitriyasa, Arif Putra Wicaksono, Avin S Hinelo, Bernhard Limbong, Sarman El Hakim, Benny Erwin, Rahim Soekasah, dan Yesayas Oktavianus.

Saat ditanya kenapa dua caketum lain --Iwan Bule dan La Nyalla Mattalitti-- tidak bergabung dalam wadah ini, Fary Djemi mengatakan “kami sebenarnya terbuka, silakan siapa saja caketum yang mau bergabung".

Namun, hingga hari ini tidak ada respons positif yang diberikan La Nyalla maupun Iwan.

Dalam kesempatan yang sama Vijaya Fitriyasa --yang sebelumnya menduga ada indikasi voters memihak ke Irwan Bule-- mengatakan wadah "PSSI Baru Menuju Perubahan" tidak dibikin guna menciptakan semacam konspirasi untuk mengunggulkan salah satu kandidat.

Menurut bos Persis Solo ini, justru wadah ini dibikin untuk melawan segala bentuk politik uang dalam kongres PSSI.

"Kenapa sembilan orang di sini sepakat maju bersama, karena kami tidak mau lagi pengurus lama yang sudah jelas gagal duduk lagi di PSSI. Itu saja komitmen kami," tegas dia.

Hal senada dituturkan oleh caketum lain, Rahim Soekasah. Dia berharap voters di kongres tersebut tak terbuai iming-iming uang dari kandidat caketum tertentu.

"Saya memang orang lama, tapi saya tidak melakukan hal-hal negatif. Dan saya tahu persis bagaimana kongres-kongres sebelumnya. Saya ingin kongres yang kali ini berjalan dengan baik, sehingga tahun 2021 nanti ketika kita jadi tuan rumah Piala Dunia U-20, semuanya berjalan lancar," tandas Rahim.

Kongres pemilihan PSSI bakal berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11/2019) besok.

Selain memilih ketua umum, kongres akhir pekan nanti juga diagendakan menghelat pemilihan wakil ketua umum dan anggota exco baru. Total ada 15 orang terdaftar sebagai calon wakil ketua umum dan 71 calon exco.


Baca juga artikel terkait KONGRES PSSI atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Abdul Aziz
DarkLight