86 Persen Sapi yang Terjangkit PMK di Bangka Belitung sudah Sembuh

Penulis: - 24 Jun 2022 13:34 WIB
Sebanyak 2.108 dari 2.426 ekor sapi yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kepulauan Bangka Belitung telah sembuh.
tirto.id - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin mencatat sebanyak 2.108 ekor ternak sapi sembuh dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Ribuan ekor sapi itu sembuh setelah menjalani perawatan intensif oleh petugas kesehatan hewan.

"Alhamdulillah 86,89 persen dari 2.426 ekor sapi terjangkit PMK sudah sembuh dari virus tersebut," kata Ridwan di Pangkalpinang, Jumat (24/6/2022).

Dinas Pertanian Bangka Belitung juga melaporkan 17 ekor ternak mati dan 68 ekor lainnya dipotong paksa akibat PMK. Wabah PMK kini tersebar di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Bangka Barat, Belitung dan Belitung Timur.

"Sapi yang masih sakit terjangkit PMK ini tersisa 233 ekor dan telah dilakukan penanganan untuk mencegah penularan virus tersebut," ujar Ridwan.

Pemprov Kepulauan Babel telah membentuk Satgas Penanganan PMK. Mereka bertugas mempercepat vaksinasi hingga memperketat lalu lintas ternak.

"Alhamdulillah, saat ini penyakit PMK di Babel masih dapat diatasi, namun demikian kita tetap melakukan berbagai langkah untuk mengatasi penularan dan penyebaran virus PMK ini," katanya.



Baca juga artikel terkait WABAH PMK atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Kesehatan)

Sumber: Antara
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight