6 Wisatawan Hilang Kontak di Perairan Aceh Berhasil Ditemukan

Sumber: Antara, tirto.id - 15 Agu 2023 18:16 WIB
Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap seorang korban lainnya di sekitar Pulau Tungku dan Pulau Palapat, Aceh.
tirto.id - Basarnas Nias bersama tim gabungan berhasil menemukan empat orang warga negara asing (WNA) asal Australia dan dua warga negara Indonesia (WNI) yang sebelumnya hilang kontak di perairan Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil.

“Keenam korban yang telah ditemukan dalam keadaan selamat,” kata Kepala Basarnas Nias, Sumatera Utara, Octavianto dalam keterangannya, Selasa (15/8/2023) dilansir dari Antara.

Adapun korban yang ditemukan selamat tersebut masing-masing empat WNA asal Australia yaitu Elliot Foote, Steph Weisse, Will Teagle serta Jordan Short. Kemudian, dua WNI yang ditemukan selamat yaitu Ahmad Junardi dan Muhammad Iqbal.

“Sedangkan seorang korban lainnya yaitu Fifan Satria, WNI hingga saat ini masih dalam pencarian,” kata Octavianto.

Menurutnya, keenam korban yang hilang kontak tersebut hingga Selasa siang telah dievakuasi ke Pinang Resort Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil.

Ia menjelaskan tiga WN Australia sebelumnya ditemukan di atas papan selancar, dan satu WNI ditemukan di sekitar Pulau Tuangku, Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil di Koordinat 01-53.28 N 097-32.38 E.

Kemudian tim juga menemukan satu orang WNI di sekitar Pulau Tuangku, Aceh Singkil dalam keadaan selamat.

Hingga Selasa siang, tim SAR gabungan masih terus melakukan pencarian terhadap seorang korban lainnya di sekitar lokasi kejadian, guna menemukan seorang WNI yaitu Fifan Satria.

"Korban terakhir masih dalam pencarian tim SAR gabungan sejak pagi, pencarian diperluas sekitar Pulau Tungku dan Pulau Palapat," pungkas Octavianto.


Baca juga artikel terkait KAPAL TENGGELAM atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Editor: Bayu Septianto

DarkLight