Menuju konten utama

5.453 PSE Sudah Daftar ke Kominfo, 53 Di-suspend & 7 Diblokir

Sebanyak 5.453 Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) atau perusahaan yang telah mendaftarkan 9.039 platformnya ke Kominfo.

5.453 PSE Sudah Daftar ke Kominfo, 53 Di-suspend & 7 Diblokir
Kantor PayPal di San Jose, Calif. Setelah keputusan pajak terhadap Apple pada hari Selasa, 30 Agustus 2016, sorotan berubah menjadi lusinan perusahaan yang telah meningkatkan laba dengan memanfaatkan tarif pajak rendah di luar negeri. Salah satu perusahaan yang diuntungkan pada tahun 2015 adalah PayPal Holdings. AP PHOTO / Jeff Chiu

tirto.id - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia Semuel Abrijani Pangerapan mengungkapkan sampai Minggu (31/7/2022) pagi, terdapat 5.453 Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) atau perusahaan yang telah mendaftarkan 9.039 Sistem Elektonik (SE) atau platformnya. Sebanyak 53 PSE yang terkena suspend dan 7 PSE diblokir.

“Jadi kita lihat, sedikit meng-update bahwa per hari ini, sampai hari ini, sampai 8 pagi tadi, sudah ada 9.039 PSE yang mendaftarkan SE-nya. Ini didaftarkan oleh 5.453,” kata Semuel dalam konferensi pers daring bertajuk 'Konferensi Pers Perkembangan Terbaru Pendaftaran PSE Lingkup Privat', Minggu (31/7/2022).

Mengutip dari laman resmi PSE Kominfo, dari 9.039 SE tersebut ada 289 PSE asing dan 8.750 PSE domestik.

“Ada 53 [PSE] yang kami suspend pendaftarannya karena memang data-datanya tidak valid, tidak mengisi dengan benar, dan sudah tidak ada kejelasan. Yang terblokir kami konfirmasi saat ini ada 7 [PSE],” ujar Semuel.

Ke-7 PSE yang diblokir antara lain PayPal, Steam, Dota 2, Yahoo, Epic Games, Counter Strike, dan Origin. Namun, Kominfo memutuskan membuka akses sementara untuk Paypal.

“Mendengarkan masukan dari masyarakat khususnya untuk aplikasi Paypal yang banyak digunakan oleh masyarakat, kami sudah membuka sementara per jam 8 pagi tadi. Kami sudah membuka, proses pembukaannya sudah dilakukan,” ungkap Semuel.

Pembukaan sementara ini berlangsung sampai 5 Agustus pukul 23.59, Kominfo meminta masyarakat menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk migrasi dana dari PayPal ke layanan keuangan lainnya.

Baca juga artikel terkait PSE atau tulisan lainnya dari Farid Nurhakim

tirto.id - Sosial budaya
Reporter: Farid Nurhakim
Penulis: Farid Nurhakim
Editor: Bayu Septianto