5 Situs Web untuk Kompres JPG Jadi 200 Kb Syarat Dokumen CPNS 2019

Oleh: Ibnu Azis - 19 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Rekomendasi 5 situs web untuk kompres file JPG atau JPEG jadi 200 Kb guna persyaratan dokumen pendaftaran CPNS 2019.
tirto.id - Compress JPEG, Online JPG Tools, Toolur, Reduce Images, dan PS2PDF merupakan beberapa situs web yang bisa dimanfaatkan untuk cara kompres file JPG atau JPEG online menjadi 200 Kb sebagaimana persyaratan dokumen dalam penerimaan CPNS 2019.

Seperti diketahui, BKN dalam tahapan pendaftaran CPNS 2019 telah menetapkan ukuran batasan maksimal JPG/JPEG untuk scan dokumen pas foto, swafoto, dan KTP sebesar 200 Kb. Artinya, jika melebihi ukuran itu, file akan ditolak otomatis oleh sistem saat diunggah.

Berikut penjelasan 5 situs web kompres JPG/JPEG disertai fitur apa saja yang ditawarkan serta kelebihan dan kekurangan masing-masing dari tool online editing tersebut:

1. Compress JPEG

Compress JPEG menawarkan antarmuka sederhana dan mudah digunakan. Di landing page situs web ini langsung menawarkan fitur kompres file JPG atau JPEG. Compress JPEG mampu mengecilkan ukuran hingga 73 persen. Saat dicoba, dari ukuran orisinal 288 Kb, outputnya menjadi 67 Kb.

Selain itu, Compress JPEG bisa dimanfaatkan untuk kompres file JPG banyak sekaligus, maksimal 20 file. Proses kompres juga bisa dilakukan terpisah atau bersamaan. Sementara hasilnya akan berformat file Zip apabila melakukan kompres file JPG banyak sekaligus (bulk).


2. Online JPG Tools

Situs web ini mengungkinkan file JPG untuk disesuaikan terkait ukuran (piksel) dan aspek rasio sebelum dipadatkan. Artinya, pengguna diberi kebebasan untuk memilih ukuran secara suka-suka terkait outputnya.

Saat dicoba dengan file JPG berkapasitas 288 Kb yang berukuran 1280 x 800 piksel, menjadi ukuran 300 x 180 piksel, outputnya setelah proses kompres menjadi 13 Kb.

3. Toolur

Toolur tak jauh berbeda dengan tool online editing lainnya di atas. Ada fitur untuk penyesuaian terkait ukuran dan kualitas kompres. Saat dicoba, dari input 288 Kb dengan kualitas kompres 80 persen menghasilkan output 64 Kb.

4. Reduce Images

Reduce Images juga menyajikan fitur penyesuaian dan ukuran sebelum proses kompres. Dari percobaan file JPG 288 Kb dengan opsi kompres kualitas 70 persen outputnya menjadi 157 Kb.


5. PS2PDF

PS2PDF punya opsi lengkap tak hanya kompres melainkan dari segi editing, mulai flip, rotare, crop, rezire, hingga pilihan kualitas kompres, dari 10 persen hingga 90 persen.

Secara keseluruhan, 5 tool online editing di atas dijejali banyak iklan. Ini cukup mengganggu lantaran iklan yang tampil terkadang merupakan iklan pop-up.

Sebagai informasi, makin tinggi tingkat kompres, maka kian rendah pula resolusi file JPG. Artinya, hasilnya bisa kabur atau detail tertentu tak jelas.

Disarankan untuk tak terlalu tinggi memilih opsi pemadatan asalkan outputnya sesuai dengan yang dipersyaratkan BKN, yakni tak melebihi 200 Kb.


Baca juga artikel terkait CPNS atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight