Seni Musik

5 Contoh Penyanyi Reggae Indonesia Beserta Lagunya

Kontributor: Cicik Novita, tirto.id - 25 Agu 2022 09:40 WIB
Dibaca Normal 1 menit
5 penyanyi reggae di Indonesia, dari Tony Q Rastafara hingga Tipe-X.
tirto.id - Reggae merupakan salah satu aliran musik yang berasal dari Jamaika. Elemen yang digunakan dan menjadi ciri dari musik reggae adalah folk serta rock yang berpadu gebukan drum.

Penyanyinya memiliki ciri vokal yang memainkan ornamen atau improvisasi bebas sesuai karakter reggae.

Merujuk e-modul Kemdikbud Seni Budaya Musik, musik reggae ini mulai dikenal dalam bentuk rekaman sekira tahun 1960-an yakni oleh dua musisi bernama Millie Small dan Desmond Dekker.


Tokoh musik reggae yang melegenda hingga kini, terutama dari sisi penampilan rambut gimbal (Dreadlock) yang jadi ciri khas adalah Bob Marley.

Kini reggae identik dengan gimbal, walau gimbal tak selalu berarti pemusik reggae. Kebiasaan Bob Marley mengonsumsi ganja juga membuat reggae kerap dikaitkan dengan ganja.

Bob Marley makin populer ketika ia merilis album Catch A Fire tahun 1973, termasuk komunitas Rastafarian yang identik dengan dirinya.

Musisi reggae dari seluruh dunia kerap berkiblat pada gaya bermusik dan gaya hidup Marley, termasuk musisi reggae tanah air.

Genre musik reggae di tanah air mulai populer sekira tahun 1983 ketika Nola Tilaar membawakan lagu ciptaan Melky Goeslaw berjudul ‘Dansa Reggae’. Lagu ini melejit dan jadi lagu terlaris di tahun tersebut.

Kemudian lagu berirama reggae lainnya yakni Tragedi Buah Apel yang dinyanyikan Anita Sarawak juga digemari masyarakat Indonesia kala itu.

Daftar Penyanyi Reggae Indonesia


Berikut ini lima contoh lain musisi atau penyanyi genre reggae yang ada di tanah air:

1. Tony Q Rastafara

Tony Q Rastafara kerap dianggap sebagai pelopor musik reggae di Indonesia. Ia makin populer dengan grup musik Rastafara yang ia bentuk.

Mode rambut dreadlock mereka perkenalkan lewat lagu ‘Rambut Gimbal’ yang Rastafara rilis tahun 1996.

2. Ras Muhamad

Ras Muhamad mengenal musik reggae saat menjalani masa sekolah hingga kuliahnya di Broklyn, Amerika.

Nama panggungnya ia adopsi dari kata Ras, bahasa Jamaika yang maknanya "Bung". Kata Ras juga berasal Rastaman, ajaran Rastafari yang identik dengan musik reggae.

Karya Ras Muhamad yang terkenal di tanah air adalah Negeri Pelangi (2012), walau album pertamanya ia rilis di Broklyn secara indie tahun 2005 bertajuk Declaration of Truths.

3. Steven & Coconut Treez

Musik reggae tanah air makin semarak dengan hadirnya Steven & Coconut Treez.

Dibentuk tahun 2005, grup reggae beranggota 7 orang yang digawangi oleh Steven N Kaligis ini dikenal luas setelah lagu mereka, Welcome to My Paradise (2005) meledak di pasaran.

4. Souljah

Souljah dibentuk di Jakarta tahun 1998 dengan nama Arigatou.

Mereka fokus di genre Jamaican musik dan reggae, lalu mengubah nama menjadi Souljah dan mengeluarkan album ke-1 berjudul Breaking the Roots (2005), kemudian album ke-2 Bersamamu.

Souljah memenangkan 3 kali penghargaan AMI Award yakni di tahun 2015, 2017 dan 2021 untuk album dan karya mereka.

5. Tipe-X

Tipe-X dibentuk tahun 1995, namun baru mengeluarkan album pertama pada 1999 dengan judul "SKA Phobia" dengan Angan dan Genit sebagai lagu andalan. Album ini sukses dalam penjualan dan memperoleh 2 platinum.

Selain itu, lagu lain yang populer dari Tipe-X adalah Salam Rindu yang ada di album ke-2 bertajuk Mereka Tak Pernah Mengerti (2001).


Baca juga artikel terkait SENI MUSIK atau tulisan menarik lainnya Cicik Novita
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Cicik Novita
Penulis: Cicik Novita
Editor: Dhita Koesno

DarkLight