5 Atlet Vegetarian Berprestasi, Nate Diaz Hingga Venus Williams

Kontributor: Budwining Anggraeni Tiyastuti - 29 Okt 2019 17:27 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Beberapa atlet yang telah mengganti pola makannya ke diet vegetarian, di antaranya adalah Nate Diaz serta Venus Williams.
tirto.id - Atlet membutuhkan asupan makanan yang memadai untuk memenuhi tingkat pengeluaran energi yang tinggi, mempertahankan ketahanan dan mekanisme tubuh, mencegah gangguan stres, mencapai komposisi tubuh yang tepat, serta untuk mempertahankan performa.

Selama ini, diet atau pola makan atlet selalu dihubungkan dengan mengonsumsi daging merah, telur, atau makanan yang mengandung protein hewani lainnya.

Namun, penelitian menyebutkan bahwa sayur dan buah juga dapat membentuk massa otot yang tak kalah dari daging.

Saat ini, sudah semakin banyak atlet yang mulai mengadopsi diet vegetarian karena faktor kesehatan, agama, ekonomi, atau budaya.

Beberapa atlet pun telah mengganti pola makannya ke diet vegetarian, di antaranya adalah Nate Diaz yang pernah berhasil mengalahkan Conor McGregor dalam ajang UFC 196 serta Venus Williams yang telah berhasil meraih 21 gelar Grand Slam.

Mengutip International SportMed Journal, dalam artikel yang berjudul Vegetarian diet and athlets, menyatakan bahwa belum ada bukti yang menyebutkan bahwa diet vegetarian memberikan efek yang menguntungkan ataupun merugikan pada performa fisik seseorang, terutama ketika asupan karbohidrat terpenuhi dengan maksimal.

Diet vegetarian yang terencana dengan tepat dapat memberikan energi nutrisi yang cukup untuk mendukung kinerja dan kesehatan tubuh.

Atlet vegetarian dapat memenuhi kebutuhan protein mereka dengan mengkonsumsi makanan berprotein nabati tinggi sebagai asupan energi, tanpa harus mengonsumsi produk hewani.

Melansir Business Insider, berikut adalah atlet-atlet berprestasi yang telah menjalani diet vegetarian.

1. Venus Williams

Venus Williams merupakan pemain tenis professional asal Amerika yang sampai sekarang telah mengantongi 7 gelar tunggal Grand Slam dan 14 gelar ganda putri Grand Slam.

Tak hanya itu, Williams juga telah memenangkan lima gelar tunggal putri Wimbledon dan empat medali emas Olympic.

Atlet tenis ini telah menjalani diet vegetarian sejak tahun 2011, setelah ia di diagnosis menderita sindrom Sjögren.

Williams memulainya dengan tak lagi memakan semua produk hewani dan makanan yang dimasak pada temperatur di atas 118 derajat Fahrenheit.

Hal ini ia lakukan untuk menjaga performanya di atas lapangan setelah didiagnosis dengan penyakit autoimun tersebut.

Dalam sebuah wawancara dengan majalah Health, Venus Williams mengaku tak dapat bermain tenis dengan maksimal karena penyakit yang dideritanya.

Setelah melakukan perubahan dengan dietnya, ia mengaku dapat kembali bermain tenis lagi dan dapat kembali melakukan hal-hal yang ia sukai termasuk bermain tenis.

2. Lewis Hamilton

Lewis Hamilton merupakan seorang pembalap Formula 1 asal Inggris. Saat ini, Hamilton bergabung dengan tim Mercedes GP.

Pembalap yang telah mengoleksi juara dunia Formula 1 selama empat kali berturut-turut ini telah menjalani diet vegetarian sejak tahun 2015 lalu.

Dalam wawancaranya bersama BBC di tahun 2017, Hamilton mengaku telah menjalani diet vegetarian selama 2 tahun.

Hamilton juga mengatakan riwayat kesehatan keluarganya yang mengidap penyakit jantung dan kanker turut mempengaruhi keputusannya untuk menjalani diet vegetarian.

Selain itu, keputusan Hamilton untuk menjalani diet vegetarian karena ia ingin turut berkontribusi terhadap keselamatan bumi. Menurutnya, peternakan menjadi penyumbang polusi terbesar untuk bumi.

3. Nate Diaz

Nate Diaz merupakan seorang atlet bela diri campuran profesional asal Amerika yang saat ini terikat kontrak dengan Ultimate Fighting Championship (UFC).

Diaz telah menjadi vegetarian sejak ia berusia 18 tahun. Ia mengaku terinspirasi menjalani diet vegetarian dari kakak laki-lakinya, Nick Diaz yang juga merupakan mantan juara kelas welter di Strikeforce dan World Extreme Cagefighting (WEC).

Dalam wawancaranya bersama dengan Men’s Journal, Diaz mengklaim daging justru memperlambatnya.

Ia mengaku juga mendengar banyak kritik dari orang-orang yang mengatakan bahwa ia perlu mengonsumsi daging untuk menjadi kuat dan untuk pemulihan.

Namun hal itu Diaz abaikan dan hanya ia anggap sebagai omong kosong saja. Diaz yakin dengan diet vegetarian yang ia jalani karena yakin telah berlatih lebih keras daripada semua orang.

4. Jermain Defoe

Jermain Defoe merupakan pemain sepak bola yang berhasil menjadi pencetak gol terbaik ketujuh dalam sejarah Liga Primer dengan mencetak lebih dari 150 gol hingga saat ini.

Defoe saat ini bermain untuk tim Bournemouth FC dan tim nasional Inggris sebagai striker.

Striker handal ini mengatakan pada Guardian, bahwa ia tak merasa kesulitan untuk berhenti mengonsumsi daging, telur, maupun produk dari susu. Sebab tanpa diet vegetarian, Defoe tak mungkin dapat bermain sepak bola dengan baik dan mencetak gol sebanyak mungkin.

5. Hannah Teter

Hannah Teter merupakan atlet pemain papan luncur salju asal Amerika yang telah berhasil mengantongi tiga medali Olympic.

Atlet ini dibesarkan di Vermont oleh orang tua dan kakak laki-lakinya yang dua di antaranya juga merupakan snowboarder peraih medali Olympic.

Teter telah diajarkan untuk menghargai dan mencintai lingkungan sejak usia muda. Hal tersebut turut berkontribusi membuatnya mulai menjalani diet vegetarian setelah ia berhasil mendapatkan medali emas di tahun 2010 lalu.

Dalam sebuah wawancara dengan Huffington Post, Teter mengatakan bahwa setelah menjalani diet vegetarian, ia merasa lebih kuat dari sebelumnya, secara mental, fisik, dan emosional.


Baca juga artikel terkait VEGAN atau tulisan menarik lainnya Budwining Anggraeni Tiyastuti
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Budwining Anggraeni Tiyastuti
Penulis: Budwining Anggraeni Tiyastuti
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight