Menuju konten utama
Info Mudik Lebaran 2023

42.700 Pemudik Berangkat dari Pasar Senen & Gambir Hari Ini

Secara total okupansi keterisian tempat duduk dari pemberangkatan kereta api di area Daop 1 Jakarta mencapai 100 persen.

42.700 Pemudik Berangkat dari Pasar Senen & Gambir Hari Ini
Sejumlah porter sedang mengangkut barang pemudik. (Tirto.id/ Fransiskus Adryanto Pratama)

tirto.id - Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa menyebut adanya kenaikan volume penumpang berangkat kembali pada Kamis (20/4//2023) di Stasiun Pasar Senen. Jumlahnya 24.200 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 kereta api yang beroperasi.

Adapun keberangkatan dari Stasiun Gambir volume penumpang berangkat hari ini mencapai sekitar 18.500 dengan layanan 38 kereta api beroperasi.

“Secara total okupansi keterisian tempat duduk dari pemberangkatan kereta api di area Daop 1 Jakarta mencapai 100 persen," kata Eva Chairunisa dalam keterangannya.

Adapun tiket yang terjual di hari yang sama, sekitar 590.000 tiket untuk keberangkatan masa Angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual. Eva menyebut sebagian besar masyarakat menyukai tanggal keberangkatan pada 14 hingga 23 April 2023.

Eva menambahkan berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90 hingga 100 persen. Volume penumpang berangkat tertinggi tercatat pada 18, 19, 20 dan 21 April 2023 di mana tingkat okupansi telah mencapai 100 persen.

“Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit di antaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung," jelasnya.

Selama masa lebaran dalam kurun waktu 12 April-3 Mei 2023, Eva menyebut, KAI Daop 1 Jakarta telah menyiapkan satu juta tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dengan 1.513 perjalanan KA untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Pihaknya juga telah menambah beberapa gerbong cadangan yang jumlahnya mencapai 303 kereta api.

“Kereta api tambahan tersedia untuk sejumlah perjalanan relasi favorit seperti tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya dan Malang," ujarnya.

Dirinya menjamin, seluruh stasiun yang ada di wilayahnya terjamin secara keamanan dan kenyamanan bagi seluruh penumpang. Sehingga proses angkutan lebaran terjamin lancar.

“Sejumlah fasilitas toilet dan area ibadah juga diperbaharui seperti yang dilakukan di Stasiun Pasar Senen dan Gambir. Daop 1 Jakarta juga melakukan penambahan petugas pelayanan, pengamanan untuk memastikan angkutan lebaran dapat berjalan dengan aman dan lancar," ungkapnya.

Baca juga artikel terkait IDUL FITRI 2023 atau tulisan lainnya dari Irfan Amin

tirto.id - Sosial budaya
Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Abdul Aziz