Menuju konten utama
HUT Bhayangkara ke-78

2.959 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Pesta Rakyat di Monas

Personel gabungan terdiri dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan instansi terkait.

2.959 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Pesta Rakyat di Monas
Pelaksanaan HUT Bhayangkara ke-73 di Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2019). tirto.id/Adi Briantika

tirto.id - Kepolisian mengerahkan 2.959 personel gabungan untuk mengamankan Pesta Rakyat dalam rangka perayaan Hari Bhayangkara ke-78 yang diselenggarakan di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Senin (1/7/2024) hari ini. Personel terdiri dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan instansi terkait.

"Untuk pengamanan selama Pesta Rakyat dalam rangka perayaan Hari Bhayangkara ke-78 di Monas besok ada 2.959 personel gabungan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro dikutip dari Antara, Senin (1/7/2024).

Personel dikerahkan untuk melakukan pengamanan dan mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan. Susatyo mengimbau para pengunjung Pesta Rakyat agar tetap tertib serta waspada akan tidak kejahatan seperti copet dan penipuan.

"Agar warga tertib melihat konser dan upacara HUT Bhayangkara, waspadai pelaku kejahatan seperti copet dan pelaku penipuan. Amankan barang berharga seperti handphone, perhiasan, dan dompet," Susatyo.

Selain itu, Susatyo mengingatkan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan selalu bertindak persuasif, tidak membawa senjata api, melayani masyarakat yang ikut memeriahkan HUT Bhayangkara ke-78 dengan baik dan humanis.

"Semua makan dan minuman gratis disediakan oleh panitia. Yang membawa anak atau balita agar diperhatikan jangan sampai terlepas pengawasannya. Apabila kelelahan dan sakit segera hubungi petugas medis untuk membantu," imbau Susatyo.

Gelaran Pesta Rakyat dilaksanakan mulai pukul 14.00 WIB-22.00 WIB di lapangan Monas dengan menghadirkan artis papan atas Indonesia, ratusan UMKM, 500 makanan dan minuman gerobak gratis, serta sejumlah wahana permainan. Masyarakat bisa hadir di acara tersebut tanpa dipungut biaya.

Sementara itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas yang bersifat situasional saat kegiatan Pesta Rakyat dalam rangka perayaan Hari Bhayangkara ke-78 besok.

Masyarakat diimbau menghindari jalan seputar Monas agar tidak terjadi kepadatan lalu lintas mulai pukul 09.00 WIB-24.09 WIB. Acara tersebut diprediksi akan dihadiri kurang lebih 182 ribu orang.

Baca juga artikel terkait HUT BHAYANGKARA

tirto.id - Flash news
Sumber: Antara
Editor: Intan Umbari Prihatin