22 Mei Tetap Kerja, Pemerintah Kaji Ulang Cuti Bersama ASN

Oleh: Andrian Pratama Taher - 20 Mei 2020
Pemerintah tengah mengkaji ulang pergeseran cuti bersama ke Idul Adha jika pandemi berakhir.
tirto.id - Menteri Koordinator Pemberdayaan Masyarakat dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menegaskan para aparatur sipil nasional dan pegawai BUMN tetap bekerja pada tanggal 22 Mei 2020.

"Tanggal 22 Mei 2020 bukan hari cuti bersama untuk ASN dan pegawai BUMN. Itu saja. Untuk pegawai-pegawai ASN dan BUMN tetap masuk seperti biasa," kata Muhadjir usai rapat terbatas secara intern via daring, Rabu (20/5/2020).

Muhadjir menuturkan, tanggal cuti ASN diganti ke tanggal lain. Selain itu, pemerintah juga belum mengubah tanggal cuti pengganti. Pemerintah masih menetapkan tanggal 28-31 Desember 2020 sebagai cuti bersama sebagai hari pengganti cuti bersama Idul Fitri.

Muhadjir beralasan, "Ini adalah tempat yang paling aman untuk membuat prediksi-prediksi yang paling aman dalam kaitannya masalah wabah COVID-19".

Namun Muhadjir mengatakan pemerintah tetap membuka opsi untuk mengganti tanggal cuti bersama. Pemerintah akan mengkaji ulang kemungkinan mengubah tanggal cuti bersama yang dilangsungkan akhir Desember 2020 ke masa Idul Adha.

"Kalau memang COVID-19 sudah turun, sudah tidak lagi mengancam, sangat dimungkinkan untuk memajukan cuti bersama berhimpitan dengan Idul Adha yaitu 31 Juli 2020, bisa sebelum atau setelah," kata Muhadjir.










Baca juga artikel terkait CUTI BERSAMA 2020 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Restu Diantina Putri
DarkLight