Menuju konten utama

1.500 Personel Satpol PP Jakarta Bantu Evakuasi Korban Banjir

Satpol PP DKI Jakarta dikerahkan untuk membantu proses evakuasi warga korban banjir ke daerah yang lebih aman.

1.500 Personel Satpol PP Jakarta Bantu Evakuasi Korban Banjir
Warga menyelematkan kasur lipat di perkampungan pinggir aliran Sungai Ciliwung kawasan Manggarai, Jakarta, Selasa (6/2/2018). tirto.id/Arimacs Wilander

tirto.id - Sebanyak 1.500 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta dikerahkan untuk membantu upaya evakuasi warga yang menjadi korban banjir.

"Ada sebanyak kurang lebih 1.500 personel Satpol PP yang kami terjunkan untuk membantu proses evakuasi para korban banjir," kata Kepala Satpol PP DKI Yani Wahyu Purwoko di Jakarta, Selasa (6/2/2018).

Menurut dia, ribuan personel Satpol PP tersebut disiagakan di daerah-daerah yang rawan banjir. Dengan begitu, warga dapat segera dievakuasi ke lokasi yang jauh lebih aman.

"Salah satunya, yaitu di Gang Arus RW 02 dan RW 03, Cawang, Jakarta Timur. Ada 50 personel yang kami kerahkan untuk mengevakuasi warga yang rumahnya sudah terendam banjir," ujar Yani.

Dia menuturkan ketinggian air yang merendam kawasan tersebut mencapai 1,75 meter. Ada beberapa warga yang bertahan di lantai dua rumahnya masing-masing.

Selain Gang Arus, kata dia, sebanyak 70 personel Satpol PP juga disiagakan di kawasan Kampung Melayu, Jakarta Timur yang juga merupakan salah satu wilayah yang rawan banjir.

"Bukan hanya personel Satpol PP yang kami siagakan, kami juga sudah menyediakan tiga perahu karet. Sehingga diharapkan proses evakuasi bisa berjalan dengan cepat," tutur Yani.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan selain untuk membantu proses evakuasi warga, perahu-perahu karet itu juga disiapkan untuk mengirimkan bantuan, terutama bagi warga yang masih bertahan di rumahnya masing-masing.

Baca juga artikel terkait BANJIR JAKARTA

tirto.id - Sosial budaya
Sumber: antara
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yandri Daniel Damaledo