Tanggal 1 Rabiul Akhir Jatuh pada 16 Oktober 2023 & Amalan Sunah

Penulis: Syamsul Dwi Maarif, tirto.id - 13 Okt 2023 13:00 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Tanggal 1 Rabiul Akhir 1445 Hijriah akan jatuh pada Senin, 16 Oktober 2023. Berikut penjelasan lebih detal lengkap dengan amalan sunah bulan ini.
tirto.id - Tanggal 1 Rabiul Akhir 1445 Hijriah akan jatuh pada Senin, 16 Oktober 2023.

Awal Rabiul Akhir adalah penanda berakhirnya bulan Rabiul Awal, bulan istimewa bagi Umat Islam karena di waktu tersebut Rasulullah dilahirkan dari pasangan suami-istri, Amina binti Wahb dan Abdullah bin Abdul Muthalib.

Bagi Anda yang belum tahu, Rabiul Akhir adalah bulan keempat dalam kalender hijriah, penanggalan yang perhitungannya didasarkan peredaran bulan. Dalam bahasa Arab, Rabiul Awal memiliki arti musim semi kedua.

Bulan Rabiul Akhir menyimpan beberapa kejadian penting dalam sejarah perkembangan Islam.

Pertama adalah waktu turunnya Surah Al-Hasyr. Surah Al-Hasyr mengisahkan pengusiran kepada kaum Yahudi bani Nadhir yang melakukan upaya pembunuhan kepada Rasulullah Saw.

Bani Nadhir menjadi kaum pertama yang dikumpulkan dan diusir dari Madinah. Abu Muhammad 'Ali dalam kitab Jawami' al-Sirah (1900) menjelaskan kejadian pengusiran bani Nadhir sebagai berikut:

"Demikian sebagaimana yang disebutkan dalam salah satu ayatnya, “Dia-lah yang mengeluarkan orang-orang kafir di antara ahli kitab dari kampung-kampung mereka pada saat pengusiran yang pertama, (QS al-Hasyr [59]: 2); Dan jika tidak karena Allah telah menetapkan pengusiran terhadap mereka, benar-benar Allah mengazab mereka di dunia. Dan bagi mereka di akhirat azab neraka".

Kedua adalah waktu Nabi Muhammad Saw. mengutus Khalid ibn al-Walid menyebarkan Islam kepada Bani al-Harits ibn Ka'b. Dalam tugasnya, Khalid ibn al-Walid berhasil membuat Bani al-Harits ibn Ka'b masuk Islam.

Ketiga adalah peristiwa perang al-Ghabah yang dipimpin langsung Rasulullah Saw. Selain itu, perang al-Ghamr juga terjadi di bulan Rabiul Awal yang dibawa 'Ukasyah ibn Muhsan.



Amalan Sunnah di Bulan Rabiul Akhir


Di bulan Rabiul Awal, Islam tidak terkecuali selalu mengajarkan kepada kaum muslim untuk senantiasa beramal saleh. Beberapa contoh amalan sunah yang dapat dikerjakan di bulan Rabiul Akhir sebagai berikut:

1. Doa Awal Bulan

Umat Islam dalam menyambut datangnya bulan Rabiul Awal dapat membaca doa sebagai berikut:

اَللّٰهُ اَكْبَرُ اللٌٰهُمَّ اَهِلِّهُ عَلَيْنَا بِالْاَمْنِ وَ الْاِيْمَانِ وَ السَّلَامِ وَ الْاِسْلَامِ وَ التَّوْفِيْقِ لِمَا تُحِبُّ وَ تَرْضَى رَبِّيْ وَ رَبُّكََ اللّٰهُ

Arab Latinnya:

Allaahu akbaru, allaahumma ahillahuu ‘alainaa bil amni [lain riwayat bil yumni], wal iimaani, was salaami, wal islaami, wat taufiiqi li maa tuhibbu wa tardhaa. Rabbii [lain riwayat rabbanaa] wa rabbukallaahu.

Artinya:

"Allah Maha Besar. Ya Allah, jadikanlah ini bulan ‘membawa’ keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman, kemampuan untuk mengamalkan apa yang Kau suka dan restui. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah".

2. Puasa Senin-Kamis

Seperti bulan lainnya, Puasa Sunah Senin-Kamis juga dapat dikerjakan di bulan Rabiul Awal. Puasa Senin-Kamis merupakan puasa sunah yang dianjurkan dan dicontoh Rasulullah Saw. kepada umatnya. Dalam suatu riwayat dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw. pernah bersabda mengenai keutamaan Puasa Senin-Kamis sebagai berikut:

"Bahwasanya Nabi saw lebih sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Amalan-amalan manusia diajukan kepada Allah setiap hari Senin dan Kamis, maka saya senang apabila amalan saya [pada hari tersebut] dan saya berpuasa pada hari tersebut," (HR. Ahmad dari Abu Hurairah).

3. Puasa Ayyamul Bidh

Puasa Ayyamul Bidh atau tengah bulan menjadi amalan yang dapat dikerjakan kaum muslim di bulan Rabiul Awal. Dalam riwayat dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw. pernah bersabda mengenai wasiat yang dirinya tinggalkan sebagai berikut:

"Dari Abu Hurairah RA, dia berkata,"Kekasihku [Rasulullah Saw] mewasiatkan kepadaku tiga nasehat yang aku tidak pernah meninggalkannya hingga aku mati, yaitu berpuasa tiga hari setiap bulan [ayyamul bidh], mengerjakan sholat Dhuha, dan mengerjakan shalat Witir sebelum tidur," (HR. Bukhari no 1178).

4. Bersedekah

Bersedekah adalah amalan sunah yang begitu dianjurkan kepada umat Islam untuk dilakukan di berbagai waktu, tidak terkecuali pada bulan Rabiul Awal. Bersedekah mengandung nilai sosial, karena begitu membantu orang lain yang membutuhkan. Allah Swt. berfirman dalam Surah Al-Baqarah ayat 267 mengenai anjuran bersedekah sebagai berikut:

“Hai orang-orang yang beriman, berinfaklah [di jalan Allah] sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji,” (Al-Baqarah [2]: 267).


Baca juga artikel terkait RABIUL AKHIR 2023 atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight