Zaskia Sungkar & Proses Bayi Tabung Serta Perkiraan Biaya IVF

Oleh: Yulaika Ramadhani - 31 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Mengenal apa itu program In Vitro Fertilisation (IVF) atau bayi tabung.
tirto.id - Zaskia Sungkar melahirkan seorang anak laki-laki di RSIA Bunda, Jakarta pada Selasa 30 Maret 2021.

Nama anak pertama Zaskia Sungkar dan Irwansyah tersebut adalah Ukkasya Muhammad Syahki. Hal ini diungkapkan Zaskia melalui postingan di akun Instagramnya.

Sebelumnya, Zaskia Sungkar membagikan proses panjang yang harus ia lalui untuk mengikuti program bayi tabung demi mendapat momongan, melalui video Youtube yang juga diunggah ke akun Instagramnya.

Apa itu program In Vitro Fertilisation (IVF) atau bayi tabung tersebut?

Sebagaimana dirangkum dari laman kesehatan Mayo Clinic, program bayi tabung atau In vitro fertilization (IVF) adalah serangkaian prosedur kompleks yang digunakan untuk membantu kesuburan atau mencegah masalah genetik dan membantu konsepsi mempunyai anak.

Selama IVF, sel telur matang dikumpulkan dan diambil dari ovarium dan dibuahi oleh sperma di laboratorium. Kemudian telur yang telah dibuahi atau embrio ini dipindahkan ke rahim.

Masih dikutip dari sumber yang sama, satu siklus IVF membutuhkan waktu sekitar tiga minggu. Terkadang langkah-langkah ini dibagi menjadi beberapa bagian dan prosesnya bisa memakan waktu lebih lama.

Pada teknik reproduksi ini, sperma dalam jumlah tertentu dan sel telur diletakkan dalam sebuah cawan berisi medium tertentu, yang keseluruhan prosesnya dilakukan di luar tubuh manusia. Perkawinan dan pengkondisian antara sel sperma dengan sel telur dilakukan menggunakan media kultur dan dilaksanakan di Laboratorium Embryology.

Telur yang telah dibuahi ini dikenal sebagai embrio. Embrio kemudian dapat dibekukan untuk disimpan atau dipindahkan ke rahim perempuan.

Hingga kini, total anak-anak yang lahir dari program bayi tabung di dunia telah mencapai 6,5 juta jiwa. Anak yang pertama lahir dari program tersebut, Loise Joy Brown, kini sudah berusia 40 tahun.


Sekjen Perhimpunan Fertilitas In Vitro Indonesia (PERFITRI), Budi Wiweko, mengatakan terdapat empat juta pasangan usia subur yang mengalami gangguan kesuburan. Gangguan kesuburan atau infertil adalah ketidakmampuan hamil dalam satu tahun setelah secara teratur menjalani hubungan intim tanpa alat kontrasepsi.

Bayi tabung dapat menjadi alternatif program kehamilan ketika pasangan belum memiliki anak sejak setahun pernikahan, bahkan meski sudah berhubungan seksual rutin 3-4 kali dalam seminggu.

IVF membantu orang dengan infertilitas yang ingin punya bayi. Biaya yang dikeluarkan untuk mengikuti program IVF ini relatif mahal mulai dari Rp20 juta hingga Rp80 juta tergantung rumah sakit yang dipilih.

infografik inseminasi dan bayi tabung
infografik inseminasi dan bayi tabung



Baca juga artikel terkait BAYI TABUNG atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH
DarkLight