Yang Hyun Suk Mundur dari Jabatan CEO YG Entertainment

Oleh: Syarifah Aini - 14 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Yang Hyun Suk mundur lantaran tidak ingin mengecewakan siapa pun dan demi meredam kritik yang dilayangkan ke YG Entertainment.
tirto.id - Pendiri YG Entertainment, Yang Hyun Suk, memutuskan mundur dari jabatannya sebagai CEO, Jumat (14/6/2019), demi meredam kritik yang dilayangkan ke perusahaan.

Pengunduran dirinya secara resmi disampaikan melalui pernyataan tertulis yang diunggah ke situs web YG Life, Jumat petang.

Ia mengungkapkan, “Ini Yang Hyun Suk,” sapanya.

“Saya meminta maaf kepada para penggemar yang mencintai YG dan para artis kami," sambungnya. Ia lantas mengungkapkan alasan pengunduran dirinya.

Pertama-tama, Yang Hyun Suk menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh karyawan YG Entertainment yang telah bekerja keras meskipun telah menerima banyak tekanan dan kritikan dari publik atas semua kasus yang terjadi dalam agensinya.

Ia menuturkan bahwa pada awalnya, ia dapat menerima semua kritikan pedas yang tak berdasar yang ditujukan pada dirinya. Namun semakin lama, ia merasa kesulitan menghadapi hal tersebut karena ia merasa tak sanggup melihat agensi, para karyawan, dan artis-artis asuhannya turut terkena imbas dari isu yang menerpanya.

Sejak awal tahun 2019, pendiri dari YG Entertainment ini memang diterpa isu negatif secara terus menerus. Kasus tersebut, berawal dari terseretnya Seungri atas kasus Burning Sun yang mulai diberitakan oleh MBC Desk pada 28 Januari 2019.


Terseretnya eks personel BIGBANG itu, akhirnya turut menyeret nama Yang Hyun Suk ke dalam lingkaran skandal yang terus menerus menerpanya pada sepanjang pertengahan tahun ini.

Isu-isu tersebut dimulai dari isu penghancuran bukti perkara atas kasus Seungri di kelab Burning Sun, penyelewengan pajak atas kelab Love Signal dan Club NB, dugaan penyediaan jasa prostitusi kepada investor, dan dugaan ancaman kepada Han Seo Hee atas kasus narkoba yang menimpa eks leader iKON, B.I.

Atas semua kasus yang menimpa dirinya dan mantan artis asuhannya itu, ia akhirnya memutuskan mundur dari YG Entertainment, setelah mendedikasikan hidupnya lebih dari dua dasawarsa di sana.

“Saya telah mendedikasikan 23 tahun hidup saya untuk YG. Saya rasa, saya sudah sangat bahagia dengan usaha yang telah saya lakukan dalam mendukung artis-artis YG dalam bermusik dan berkarya untuk para penggemar mereka,” tulisnya.

“Meski begitu, terhitung sejak hari ini, saya memutuskan untuk mengundurkan diri dari YG Entertainment. Saya harap dengan keputusan yang saya ambil ini, tidak akan ada lagi masalah dan kerugian yang diderita para artis YG yang saya cintai dan juga para penggemar YG yang saya sayangi,” tulis eks personel Seo Taiji and Boys ini.

Yang Hyun Suk melalui surat pernyataannya juga menyampaikan bahwa meskipun ia telah mengundurkan diri, masih banyak individu yang kompeten di YG Entertainment dan berharap agensinya dapat kembali pulih secepat mungkin.

Terakhir, sebelum menutup surat pengunduran dirinya, pendiri dari YG Entertainment tersebut juga mengungkapkan bahwa dirinya sangat berharap kebenaran dari isu-isu kejam tentang YG dan dirinya yang telah tersebar di media masa untuk segera diinvestigasi, agar publik dapat segera mengetahui kebenarannya.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Musik)


Penulis: Syarifah Aini
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Syarifah Aini